Comscore Tracker

Viral Keluarga Punya 15 Anak di Kota Malang, Begini Ceritanya

Sudah KB, tapi Tuhan punya rencana lain

Malang, IDN Times - Memiliki buah hati merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri. Tak sedikit yang menganggap bahwa memiliki anak akan membuka pintu rezeki. Terlebih, ada pepatah yang mengatakan bahwa banyak anak banyak rezeki.

Namun, bagaimana jika sampai memiliki 15 anak? Kisah itulah yang dialami pasangan Mulyono (46) dan Partinah (45). Pasangan suami istri asa Malang ini viral setelah kisah uniknya memiliki 15 anak dalam kurun tahun 1988 hingga 2021.

Pasangan ini sebenarnya memiliki 16 orang anak. Namun, dua di antaranya, yaitu anak ketiga dan anak terakhir meninggal. Meski begitu, mereka terlanjur terkenal dengan 15 anak karena unggahan di TikTok mereka menunjukkan foto saat keluarga ini masih memiliki 15 anak.

1. Viral karena diunggah di TikTok

Viral Keluarga  Punya 15 Anak di Kota Malang, Begini CeritanyaIlustrasi TikTok. IDN Times/Arief Rahmat

Cerita tersebut bermula dari unggahan akun Tiktok @arrrrrrrrrrrr_12 pada 29 Januari lalu. Saat itu, akun tersebut mengunggah sebuah video yang menceritakan bahwa ada keluarga yang memiliki 15 orang anak dengan menampilkan foto masing-masing anak.

Unggahan tersebut kemudian menjadi viral dan setelah ditelusuri ternyata akun tersebut merupakan milik seorang wanita bernama Ariyana yang tak lain adalah anak ke tujuh dari pasangan Mulyono dan Partina. Saat dikonfirmasi di rumahnya Jl Krakatau, Kota Malang, Ariyana menceritakn bahwa tak ada maksud apapun dari video tersebut. Ia hanya iseng saja lantaran sedang tidak ada aktivitas pada saat itu. 

"Tidak ada motivasi apapun. Hanya iseng saja sebenarnya. Tetapi ternyata jadi viral," urainya Rabu (24/2/2021). 

2. Sebagian anak sudah berumah tangga

Viral Keluarga  Punya 15 Anak di Kota Malang, Begini CeritanyaSejumlah akta kelahiran dan Kartu Keluarga keuarga Mulyono. IDN Times/Alfi Ramadana

Ariyana (23) menambahkan bahwa dirinya saat ini merupakan anak paling besar yang masih tinggal dengan orang tuanya. Ia mengakui bahwa tidak berekspektasi apapun pada video tersebut. Tetapi justru video iseng yang ia buat menjadi viral dan kini banyak dibicarakan orang. Bahkan, dalam kurun waktu tiga pekan, videonya sudah ditonton 1,6 juta kali. 

"Setelah viral sekarang jadi banyak didatangi wartawan. Kalau saat ini, saya anak paling tua yang masih tinggal di rumah. Kakak-kakak saya ada yang sudah berkeluarga dan tidak dirumah," imbuhnya. 

3. Tak menyangka bisa punya anak banyak

Viral Keluarga  Punya 15 Anak di Kota Malang, Begini CeritanyaMulyono bersama istri dan anak-anaknya saat ditemui dikediamannya. IDN Times/Alfi Ramadana

Sementara itu, Mulyono mengakui bahwa awalnya ia tidak pernah terfikir sampai punya 16 anak. Saat awal menikah dengan Partina tahun 1986, ia menceritakan bahwa memiliki keinginan untuk memiliki anak laki-laki. Tetapi saat sang istri hamil anak pertama, ternyata saat lahir tahun 1988, sang anak berjenis kelamin perempuan.

Karena keinginan untuk punya anak laki-laki masih ada tak berselang lama sang istri kembali hamil lagi. Tetapi lagi-lagi anak kedua berjenis kelamin perempuan yang lahir tahun 1989. Kemudian sang istri kembali hamil dan melahirkan dalam rentang waktu yang tidak terlalu jauh hingga kelahiran kelima yakni laki-laki. 

"Semua kelahiran berjalan lancar baik yang ketiga hingga kelima. Tetapi anak yang ketiga meninggal dunia saat usia 7 bulan," katanya. 

Baca Juga: Viral Puting Beliung Belalai Gajah di Atas Perairan Kenjeran

4. Sudah jalani KB, tapi tak mempan

Viral Keluarga  Punya 15 Anak di Kota Malang, Begini CeritanyaFoto Mulyono bersama 15 anaknya. Dok/istimewa

Setelah memiliki lima orang anak, sang istri sempat menjalani KB. Bahkan juga sempat menggunakan susuk untuk mencegah kehamilan. Namun, upaya tersebut tak membuahkan hasil, istrinya kembali hamil.

Jarak setiap kehamilan juga tidak terlalu jauh, yakni hanya satu atau dua tahun. Jarak kelahiran yang paling jauh hanya 4 tahun. Saat ini, anak tertua pasangan tersebut yang bernama Sri Handayani berusia 33 tahun. Sementara anak paling kecil yang masih hidup berusia 4 tahun. Setelah itu sebenarnya Mulyono dan Partinah sempat memiliki anak lagi, namun setelah melahirkan, sang anak meninggal dunia. 

"Dulu sebenarnya itu cuma ingin punya anak dua saja. Tetapi ternyata yang maha kuasa memberikan lebih. Kami syukuri saja karena tidak semua orang bisa mendapatkannya," katanya. 

Berikut adalah daftar nama anak Mulyono dan Partina

1. Sri Handayani
2. Sri Devi
3. Meninggal
4. Mulyani
5. Endro Ramadhan
6. Robby Min Anwar
7. Ariyana
8. Maryanto
9. Nita Mulyono
10. Arie Ramadhan
11. Nirmala
12. Reva Ardina Putri
13. Laela Mulyono
14. Hendro Mulyono
15. Khalisah Salsabila
16. Meninggal

5. Kaget setelah viral dan masuk TV

Viral Keluarga  Punya 15 Anak di Kota Malang, Begini CeritanyaPexels.com/PhotoMIX Ltd.

Mulyono mengakui sempat terkejut saat video yang diunggah anaknya tersebut viral. Bahkan, dirinya awalnya tidak tahu sampai akhirnya video unggahan anaknya muncul di salah satu televisi swasta. Ia mengakui sempat marah karena merasa kurang enak hati dengan video tersebut. Namun demikian, Mulyono mengambil sisi positif dari viralnya video yang diunggah anaknya tersebut. 

"Saya kaget kok tiba-tiba muncul di TV. Tetapi ya diambil sisi positifnya saja," pungkasnya. 

Baca Juga: Viral karena Pukul Anak, Nanang Berdalih Stres Tak Punya Pekerjaan

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Viral, Keluarga Punya 16 Anak di Kota Malang

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya