Urai Lalu Lintas Tengah Kota, Ring Road Timur Bakal Dibangun di Madiun

Proses Pematokan tengah berlangsung 

Madiun, IDN Times - Pemerintah pusat merencanakan proyek pembangunan jalur lingkar (ring road) timur yang melintasi wilayah Kota Madiun dan Kabupaten Madiun. Kini, pihak Pemkot tengah menjalankan sejumlah langkah sebagai syarat terealisasi program yang bakal menyerap APBN senilai Rp600 miliar itu. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi volume kendaraan yang melintasi pusat Kota Madiun.

"Pematokan lahan untuk pembangunan sudah berjalan," kata Wali Kota Madiun, Maidi, Jumat (26/2/2021).

1. Upayakan MoU dengan Pemkab Madiun

Urai Lalu Lintas Tengah Kota, Ring Road Timur Bakal Dibangun di MadiunWali Kota Madiun Maidi membagikan masker. Istimewa

Pematokan dilakukan di areal persawahan dan permukiman di wilayah Kecamatan Taman. Dalam waktu dekat dokumen pengadaan lahan akan dibuat dan dikonsultasikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Bakorwil Madiun. 

"Syarat administrasi kami selesaikan dulu. Termasuk MoU (nota kesepahaman) dengan Pemkab Madiun," ujar Maidi. 

Baca Juga: Untung-Buntung Budidaya Porang di Madiun

2. Melintasi sisi timur Kota Madiun 

Urai Lalu Lintas Tengah Kota, Ring Road Timur Bakal Dibangun di MadiunJalur yang nantinya dilintasi ring road timur Kota Madiun.

Nantinya, pintu masuk ring road timur itu berada di dekat terminal kargo, Kota Madiun. Kemudian melintasi Kelurahan Tawangrejo, Kelun, Rejomulyo, Pilangbango, dan Kanigoro. 

Selepas itu, melewati sebagian wilayah wilayah Kabupaten Madiun, yakni Desa Tempursari, Munggut, dan Sidorejo. Adapun pintu keluarnya di jalur arteri Madiun - Ponorogo. 

3. Disiapkan untuk kendaraan berat 

Urai Lalu Lintas Tengah Kota, Ring Road Timur Bakal Dibangun di MadiunIlustrasi Infrastruktur (Jalan Tol) (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Madiun, Suwarno mengatakan bahwa untuk MoU dengan Pemkab Madiun diupayakan dapat terealisasi tahun ini. "Kami juga menyiapkan dokumen lain, seperti angka lalu lintas dan pengadaan lahan," ujar dia. 

Sementara itu, ring road timur dinilai cukup penting untuk mengurai arus lalu lintas yang masuk wilayah perkotaan. Terutama untuk kendaraan berat maupun bus antar kota - antar provinsi. 

Baca Juga: PPKM Mikro Diperpanjang, Pemkab Madiun Bolehkan Gelar Resepsi

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya