Tiga Bulan, Pemuda Nganjuk 12 Kali Curi Pompa Diesel di Sawah

Pencurian bulan Mei sampai Juli

Nganjuk, IDN Times - Spesialis pencuri pompa diesel di Kabupaten Nganjuk dibekuk polisi. Pelaku bernama Khoirul Anwar (30), warga Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk.

Kasubbaghumas Polres Nganjuk, Iptu Rony Yunimantara mengungkapkan pelaku Khoirul ditangkap petugas unitreskrim Polsek Loceret dan dibackup Resmob Satreskrim Polres di rumahnya tanpa perlawanan. Pelaku saat ini masih dalam pemeriksaan polisi.

"Pelaku mencuri pompa diesel di persawahan milik Muh Tri Basuki (34) warga Desa Patihan, Kecamatan Loceret," ungkapnya, Sabtu (12/9/2020).

1. Terungkap dari pedagang rosok

Tiga Bulan, Pemuda Nganjuk 12 Kali Curi Pompa Diesel di SawahTersangka Khoirul Anwar. IDN Times/Istimewa

Tri Basuki saat itu kehilangan pompa disel di sawahnya pada 29 Agustus lalu. Setelah itu, petani tersebut melapor ke Polsek Loceret. Dalam proses penyelidikan, polisi mendapat informasi ada seorang tukang rosok Rosicun (48), warga Kecamatan Berbek membeli pompa disel NS 100.

"Anggota saat itu mencurigai barang yang dibeli tukang rosok itu dari hasil kejahatan. Ciri-cirinya sesuai milik korban yang hilang," ujarnya.

Aparat kepolisian lalu menginterogasi Rosicun hingga ia mengaku jika pompa disel tersebut dibeli dari pria bernama Khoirul Anwar. Polisi pun bergerak menciduk pemuda itu lalu membawanya ke kantor polisi untuk diproses lebih lanjut.

Baca Juga: Wanita yang Selundupkan Pil Koplo di Dalam Salak Ditangkap di Nganjuk

2. Tiga bulan mencuri 12 pompa disel 

Tiga Bulan, Pemuda Nganjuk 12 Kali Curi Pompa Diesel di SawahBarang bukti pompa Disel hasil curian yang diamankan polisi. IDN Times/Istimewa

Dalam pemeriksaan, tersangka mengakui semua perbuatannya. Bahkan, lanjut Rony, dalam kurun waktu tiga bulan mulai Mei sampai Juli, tersangka sudah melakukan aksi pencurian serupa sebanyak 12 kali di wilayah hukum Nganjuk.

"Selain melakukan Curat di wilayah Loceret, tersangka mengaku sudah melakukan curat pompa disel sekitar 11 TKP di antaranya Tanjunganom 2 TKP; Sukomoro 5 TKP; Pace 1 TKP; Ngronggot 2 TKP; Kertosono 1 TKP," kata Rony menjelaskan.

3. Polisi sita 4 pompa diesel

Tiga Bulan, Pemuda Nganjuk 12 Kali Curi Pompa Diesel di SawahKunci pas yang digunaka tersangka mencuri disel. IDN Times/Istimewa

Dalam aksinya, cara tersangka melepas pompa air di sawah menggunakan kunci pas yang sudah dipersiapkan. Setelah itu, diangkut menggunakan sepeda motor miliknya.

Selain tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya 4 buah mur baut, 4 buah wayer diesel yakni 3 buah NS 80 dan 1 buah NS 100, 1 unit motor honda beat nopol AG 4645 UI yang digunakan sebagai sarana serta 3 buah kunci pas untuk melepas wayer tersebut.

"Kami masih mendalaminya guna mengetahui kemungkinan ada TKP lainnya. Untuk barang bukti sudah diamankan di Polsek Loceret," ujarnya.

Baca Juga: Bonceng Tiga Tanpa Helm, Dua Pelajar Nganjuk Tewas Tabrak Truk

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya