Tanpa Gejala, Wali Kota Mojokerto Ungkapkan Dirinya Terpapar COVID-19

Disampaikan dalam pelantikan pejabat secara virtual
Mojokerto, IDN Times - Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengungkapkan dirinya dinyatakan terpapar COVID-19. Ika menyampaikan itu dalam video virtual di pendopo rumah rakyat saat pelaksanan pelantikan dan pengambilan sumpah/ janji pejabat pimpinan tinggi pertama, administrator, pengawas dan fungsional, Selasa (29/12/2020).
 
"Dan seperti yang saya sampaikam tadi, bahwa berdasarkan hasil rapid test PCR atau swab, saya dinyatakn positif terpapar COVID-19," kata Ika dalam rekaman video yang didapat IDN Times.

1. Wali kota tidak tahu asal penularan COVID-19

Tanpa Gejala, Wali Kota Mojokerto Ungkapkan Dirinya Terpapar COVID-19Ilustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)
Wali kota yang akrab disapa Ning Ika tersebut pada Senin (28/12/2020) melakukan tes swab dan hasilnya terkonfirmasi positif. Ia mengaku tidak mengetahui asal muasal penularan COVID-19. Padahal, pihaknya selama ini telah berupaya keras menerapkan 4M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan orang.
 
"Saya tidak tahu dari mana (terpapar), karena kami juga sudah berupaya bagaimana menerapkan 4M. Tapi karena dari seluruh bagian yang ada di sekitar saya, yang ada di ring 1 Wali kota sudah banyak yang terpapar COVID-19, sehingga kemungkinan itu saling terkait satu dengan lain," jelas Ita.

2. Ika Puspitasari mengaku kondisinya sehat

Tanpa Gejala, Wali Kota Mojokerto Ungkapkan Dirinya Terpapar COVID-19Wali Kota Mojokerto Ika Puspita Sari/Zainul Arifin

Meskipun dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19, Ika mengaku saat ini kondisinya sehat. Dia juga menyebut tidak memiliki gejala sakit apapun. Kendati begitu, ia tetap harus melakukan isolasi dan menjalankan tugasnya di pemerintahan secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Bisa saya sampaikan kondisi saya saat ini sehat, tidak ada gejala apapun, saya tetap bisa melaksanakan tugas dan kewajiban saya menjalankan pemerintahan meskipun harus dilakukan dengan jarak jauh dan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujarnya

3. Pesan gelorakan 4M kepada masyarakat luas

Tanpa Gejala, Wali Kota Mojokerto Ungkapkan Dirinya Terpapar COVID-19Ilustrasi Demam (IDN Times/Mardya Shakti)

Di akhir penyampainnya, Ika berpesan kepada semuanya agar terus menyosialisasikan serta menggelorakan 4M yang awalnya hanya 3M. Sebab, cara itu bagian dari upaya mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Kita tidak tahu siapa yang terpapar dan yang menularkan, tetapi dengan terus berikhtiar menjalankan 4M, Insyaalah sambil senantian berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga kita semua mendapatkan pertolongan dibebaskan dari masalah COVID-19. Dan saudara-saudara kita yang sedang dirawat, yang sedang sakit, kita doakan bersama-sama agar segera diberikan kesembuhannya, diberikan kesehatannya dan bisa beraktivitas seperti sedia kala," katanya.

Baca Juga: Bupati Gresik Sambari Halim Terkonfirmasi Positif COVID-19

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya