Sidak Toilet SPBU di Probolinggo, Erick Semprot Direksi Pertamina

Harusnya semua toilet SPBU gratis!

Probolinggo, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir menegur direksi Pertamina. Bukan karena harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Erick gemas karena toilet di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tidak gratis. Hal itu ia sampaikan ketika melakukan kunjungan kerja ke Probolinggo. 

Saat mampir ke SPBU di kawasan Malasan, Probolinggo, ia berbincang dengan salah satu penjaga toilet. Dari pengakuan sang penjaga toilet, Erick mendapat jawaban jika warga yang ingin menggunakan fasilitas umum ini harus membayar. "Kalau kencing Rp2 ribu, kalau mandi Rp4 ribu. Kenapa gak gratis, ini kan fasilitas umum?" ujarnya seperti diunggah dalam Instagram miliknya, Senin, (22/11/2021). 

1. Sang penjaga toilet tak bisa menjawab pertanyaan tersebut

Sidak Toilet SPBU di Probolinggo, Erick Semprot Direksi PertaminaIlustrasi SPBU. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sang penjaga toilet pun tak bisa menjawab pertanyaan Erick. Ia mengaku hanya menjalankan kontrak kerja. Apalagi, SPBU tersebut merupakan milik swasta. "Saya gak tahu pak, saya cuma kerja. Ini buat perawatan," ujar pria tersebut. 

Erick pun kemudian menanyakan tentang pemilik SPBU itu. "Ini punya pak Agus," ujar pria tersebut.

Erick kemudian menimpalinya. "Oke, nanti ditelepon Pak Agusnya, ini kenapa kok gak gratis," ujar Erick. 

Baca Juga: Ingin Mendirikan SPBU Mini Pertamina? Simak Syaratnya!

2. Erick tegur direksi Pertamina

Sidak Toilet SPBU di Probolinggo, Erick Semprot Direksi PertaminaMenteri BUMN Erick Thohir (Dok. IDN Times)

Menurut Ercik, semua SPBU seharusnya menggratiskan fasilitas umum seperti toilet. 
Tak ada alasan bagi pengelola untuk menarik pungutan dari warga. "Kan sudah dapat dari bisnis bensin. Ada juga toko kelontong. Harusnya warga juga berhak mendapat fasilitas tambahan," ujarnya.

Ia pun kemudian menegur direksi Pertamina. "Kepada direksi Pertamina, fasilitas umum seperti ini harusnya gratis. Semua SPBU yang kerjasama dengan swasta juga harus gratis," ujar Erick.

3. Upaya Erick dapat dukungan dari warganet

Unggahan Erick pun mendapat banyak respons dari para warganet. Kebanyakan dari mereka mendukung upaya sang menteri untuk menggratiskan toilet SPBU. "Ya allah pa knpa ga dari dulu, bapa coba deh ke pom bensin yg di pantura dan di tol," ujar seorang warganet. 

"Setujuuu banget, karena dimanapun ada pom bensin yang mesti ada toilet nya mesti bayar tuch klu mau pake toilet, makasih Bpk @erickthohir," tulis warganet lain.

Meski begitu, ada juga yang menganggap toilet berbayar di SPBU sebagai sesuatu yang wajar. "gmn yaa saya kurang tahu aturan nya ..tapi wajarlah bayar 2rb ..klo tempatnya bersih dan kadang ada tersedia mushola dan parkir kendaraan roda aman.."

Baca Juga: Soal Peluang Maju Pilpres 2024, Erick Thohir: Saya Bukan Orang Jawa

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya