Sesuai Wasiat, Makam Gus Im di Samping Adik Sepupu 

Dimakamkan pada malam hari

Jombang, IDN Times - KH Hasyim Wahid atau Gus Im akan akan dimakamkan di komplek pemakaman keluarga Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar, Jombang. Lokasi makam itu berada di belakang sebelah kiri masjid jami pondok pesantren setempat.

"Ini jenazah almarhum sedang perjalanan ke Jombang melalui darat. Mohon doanya untuk almarhum," tutur KH Abdul Muiz Aziz Masyhuri keponakan Gus Iim ditemui IDN Times, Sabtu sore (1/8/2020).

1. Wasiat dimakamkan di samping makam Gus Wahid Aziz Bisri 

Sesuai Wasiat, Makam Gus Im di Samping Adik Sepupu Liang lahat makam Gus Im di Komplek makam keluarga Ponpes Mambaul Maarif Denanyar Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Menurut Gus Muiz sapaan akrab Muiz Aziz, sewaktu adik kandung KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu masih hidup, ia berpesan jika wafat untuk dimakamkan di pesantren Denanyar, tepatnya di samping makam Gus Wahid Aziz Bisri adik sepupu almarhum.

Saati ini, liang lahat sudah digali dengan kedalaman sekitar 2 meter. Lokasinya tepat sebelah timur makam Gus Wahid atau barat makam K Muslih Khasbullah adik kandung ibu Muhaimin Iskandar.

"Beliau berwasiat tidak tertulis lah. Ya sering matur (berkata) ke saya. Nanti kalau wafat dimakamkan di Pondok Denanyar, samping Gus Wahid Aziz Bisri, adik sepupu beliau yang juga teman waktu kecil,” tutur cicit KH Bisri Syansuri tersebut.

2. Sejak kecil hidup di Jakarta  bersama anak muda NU

Sesuai Wasiat, Makam Gus Im di Samping Adik Sepupu Batu nisan Gus Im di makam Ponpes Mambaul Maarif Denanyar Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Segala persiapan untuk pemakaman adik bungsu Gus Dur telah dilakukan di pondok pesantren. Di antaranya memasang tenda untuk petakziah. Sementara di masjid terus mengumandangkan bacaan quran surat al ikhlas. Tampak di halaman masjid jami, berjejer di halaman pondok. Karangan bunga di antaranya dari menteri kelautan dan perikanan RI Edhy Prabowo.

"Almarhum lahir di Jakarta. Ya, sejak kecil hingga wafat berada di Jakarta. Almarhum lebih banyak merangkul para generasi muda NU," ujar putra dari almarhum KH Aziz Masyhuri ditemui di Ponpes Al Aziziyyah Denanyar Jombang.

3. Cucu Hadratussekh KH Hasyim Asy'ari pendiri Nahdlatul Ulama 

Sesuai Wasiat, Makam Gus Im di Samping Adik Sepupu Makam keluarga Ponpes Mambaul Maarif Denanyar Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Gus Muiz menambahkan, almarhum Gus Im merupakan putra bungsu pasangan KH A Wahid Hasyim dan Nyai Hj Sholilah Munawwaroh. Kiai Wahid Hasyim merupakan putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy’ari, pendiri Pesantren Tebuireng dan Nahdlatul Ulama (NU). Sedangkan Nyai Hj Sholihah adalah putri KH Bisri Syamsuri, Rais Aam PBNU setelah KH Abdul Wahab Hasbullah. 

PernikahanKiai Wahid Hasyim dengan Nyai Sholihah itu melahirkan enam putra-putri, yaitu Gus Dur, Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi (mantan ketua umum PP Muslimat NU), Gus Sholah, Gus Umar Wahid (dokter), Nyai Lily Chadidjah Wahid (mantan anggota DPR RI) dan KH Hasyim Wahid (Gus Im).

"Jadi, Gus Im adalah cucu Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari atau putra putra dari KH A Wahid Hasyim, pahlawan nasional yang juga Menteri Agama RI pertama," tandas Gus Muiz Aziz.

Kiai Hasyim Wahid bin Wahid Hasyim atau Gus Im meninggal dunia pada hari ini, Sabtu (1/8/2020) di usia 67 tahun. Gus Im mengembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit (RS) Mayapada Jakarta pada Sabtu (1/8/2020) pukul 04.18 WIB akibat sakit yang dideritanya. Sesuai rencana, Gus Im akan dimakamkan pada malam hari sekitar jam 21.00 Wib.

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya