Satgas Kota Batu Konfirmasi 31 Santri Al Izzah Positif COVID-19 

Terungkap setelah 748 santri dilakukan swab test  

Batu, IDN Times - Kasus COVID-19 di Kota terus mengalami lonjakan dalam beberapa waktu terkahir. Terbaru yang paling mengejutkan adalah 31 santri pondok pesantren Al Izzah Kota Batu dinyatakan positif COVID-19. Kasus santri Pondok Pesantren Al Izzah pertama kali terkonfirmasi pada 23 Agustus 2020.

Saat itu, seorang santri berinisial H berusia 14 tahun melakukan swab test mandiriri. Kemudian ia dirawat di National Hospital Surabaya. Lalu pada 28 Agustus H pun dinyatakan sembuh. 

1. Pemkot langsung lakukan tracing

Satgas Kota Batu Konfirmasi 31 Santri Al Izzah Positif COVID-19 Ilustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Pasca muncul kasus tersebut, Satgas COVID-19 Kota Batu langsung melakukan tracing pada 31 Agustus 2020. Mereka pun memutuskan melakukan test PCR kepada seluruh santri. 

"Seluruh santri dan pengelola pondok pesantren Al Izzah kemudian dilakukan PCR secara massal mulai 31 Agustus sampai 13 September 2020," papar Satgas COVID-19 Kota Batu, M Chori, Sabtu (19/9/2020). 

2. Sebanyak 31 orang terkonfirmasi positif COVID-19

Satgas Kota Batu Konfirmasi 31 Santri Al Izzah Positif COVID-19 idn media

Pasca pemeriksaan berdasarkan test PCR secara massal kepada 748 santri dan pengelola pondok pesantren Al Izzah, didapati 31 orang terkonfirmasi positif COVID-19. Seluruh yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut tidak memiliki gejala. Sebagain tindak lanjut mereka semua melakukan isolasi mandiri.

"Mereka semua menjalankan isolasu mandiri di bawah pengawasan Dinas Kesehatan Kota Batu dan RS rujukan," tambahnya. 

3. Kontak erat harus karantina

Satgas Kota Batu Konfirmasi 31 Santri Al Izzah Positif COVID-19 Situasi alun-alun Kota Batu yang kembali ramai dikunjungi masyarakat. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, bagi seluruh santri dan pengelola yang termasuk kategori kontak erat juga harus menjalani karantina. Mereka menjalani karantina mandiri di lokasi terpisah dengan yang terkonfirmasi positif COVID-19. Sementara untuk kebutuhan mereka pihak pondok Al Izzah yang akan menanggungnya sembari menunggu swab test .

"Satgas juga memberikan penghargaan atas kerjasama dan dukungan pihak terkait atas penanganan kasus tersebut," sambungnya. 

Baca Juga: Wali Kota Batu Beri Lampu Hijau, Jatim Park 3 Dibuka Lagi 18 Juli 2020

4. Total kasus sudah mencapai 300 lebih

Satgas Kota Batu Konfirmasi 31 Santri Al Izzah Positif COVID-19 Situasi alun-alun Kota Batu yang kembali ramai dikunjungi masyarakat. IDN Times/ Alfi Ramadana

Terlepas dari itu, untuk perkembangan kasus COVID-19 di Kota Batu sendiri saat ini sudah mencapai 385 kasus. Dari total kasus tersebut, yang sudah sembuh mencapai 274 orang. Sementara untuk yang masih dalam perawatan isolasi mencapai 83 kasus. Lalu untuk kasus meninggal mencapai 28 kasus. 

Baca Juga: Bergeliat, Tingkat Kunjungan Turis ke Kota Batu Naik 20 Persen

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya