Diresmikan Risma, MERR Gunung Anyar-Sidoarjo Urai 30 persen Macet

Kini dari Kenjeran ke Juanda tinggal lurus

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini meresmikan jalan Middle East Ring Road (MERR) yang menghubungkan Gunung Anyar Surabaya dengan Sidoarjo. Jalan ini diharapkan mampu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di sisi tenggara Surabaya tersebut.

Jalan tembusan sepanjang 1,8 kilometer ini juga semakin memudahkan pengendara yang hendak menuju bandara Juanda Sidoarjo. Maklum, selama ini, pengguna jalan dari arah kenjeran harus masuk ke perumahan Wisma Gunung Anyar terlebih dahulu untuk sampai ke pintu tol Juanda.

Baca Juga: Setahun Bom Surabaya, Risma Ajak Warga Sebarkan Nilai Toleransi

1. Berharap bisa kurangi beban jalan protokol

Diresmikan Risma, MERR Gunung Anyar-Sidoarjo Urai 30 persen MacetIDN Times/Faiz Nashrillah

Dalam sambutannya, Risma mengatakan bahwa jalan ini ditargetkan bisa mengurangi 30 persen kemacetan yang terjadi di Jalan utama seperti Ahmad Yani. "Pembangunannya sesuai rencana. Tapi memang ada berbagai kendala," katanya. Namun, kendala tersebut bisa diatasi berkat kerjasama dengan kejaksaan.

2. Habiskan dana Rp95 miliar

Diresmikan Risma, MERR Gunung Anyar-Sidoarjo Urai 30 persen MacetIDN Times/Faiz Nashrillah

Ruas yang baru saja diresmikan Risma sendiri menghabiskan dana Rp95 miliar dari APBD Kota Surabaya. Selain pengurai kemacetan, ruas jalan ini juga berfungsi sebagai pintu gerbang Surabaya dari sisi timur

3. Bagian dari RPJM

Diresmikan Risma, MERR Gunung Anyar-Sidoarjo Urai 30 persen MacetIDN Times/Faiz Nashrillah

MERR yang melintang sepanjang 10.800 meter dari Kenjeran hingga Gunung Anyar sendiri masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2016-2021 yang dibagi tiga tahap. 

Tahap pertama adalah MERR II A yang melintang dari Kenjeran menuju Unair kampus C. Adapun MERR II B meliputi Unair Kampus C hingga perempatan Arief Rahman Hakim. Sementara ruas yang baru saja diresmikan Risma termasukMERR II C yanv melintang dari perempatan Arief Rahman Hakim hingga Gunung Anyar.

Baca Juga: Risma Serahkan SD Bantuan Warga Surabaya ke Korban Gempa Lombok Timur

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya