Risma Cerita Bledek, Mantan Copet yang Kini Jadi Anak Angkatnya

Ia berharap kisah Bledek bisa jadi motivasi

Mojokerto, IDN Times - Kunjungan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini ke eks lokalisasi Balong Cangkring (BC), Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto pada Sabtu (2/1/2021) tidak hanya sekedar membagi bantuan. Ia juga memberikan semangat kepada para penguni.

"Kalau di sini, ada lansia, pengemis, tukang becak dan anak jalanan. Itu treatment-nya beda dengan misalkan yang saya lakukan di Ponorogo," ujar perempuan yang baru beberapa hari dilantik sebagai menteri tersebut.

1. Menteri Risma beri semangat anak jalanan

Risma Cerita Bledek, Mantan Copet yang Kini Jadi Anak AngkatnyaMensos Risma di Eks Lokalisasi Mojokerto. Zainul Arifin

Saat berada di Komplek lingkungan milik Yayasan Mojopahit itu, mantan Wali Kota Surabaya langsung menemui mereka. Risma memberi semangat pada penghuni eks lokalisasi, terutama anak-anak. Ia pun menceritakan salah satu anak jalanan yang diangkatnya menjadi anak. 

"Saya punya anak angkat dari anak jalanan, namanya Bledek. Tatonya banyak dan mantan tukang copet juga. Kini ia sudah kuliah dan tak nakal lagi, juara tinju, hingga pernah menjadi Paskibraka di Balai Kota," kata Risma memberi semangat anak jalanan, penghuni Balong Cangkring.

"Ini bisa jadi motivasi bagi anjal (anak jalanan), bahwa kalian juga bisa berubah, kalian punya ibu sekarang, ibu kalian Mensos," lanjutnya.

2. Pesan pada anak-anak jangan lari dari masalah

Risma Cerita Bledek, Mantan Copet yang Kini Jadi Anak AngkatnyaMensos Risma di Eks Lokalisasi Mojokerto. IDN Times/Zainul A

Di hadapan anak-anak, menteri kelahiran Kediri ini berpesan agar tidak lari dari setiap masalah. Menurut dia, Tuhan itu Maha Adil, setiap anak berhak untuk sukses dan berhasil. Meskipun begitu, semua tergantung dari kemauan diri sendiri.

"Kalian berhak berhasil, kalian berhak untuk sukses. Tinggal kalian mau atau tidak. Kalau kalian punya masalah dengan orang tua, punya masalah dengan kehidupan, jangan lari," kata Risma berpesan.

Anak-anak itu kemudian didata untuk diberikan bantuan modal dan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Sebelum meninggalkan merema, Risma kembali mengajak anak-anak untuk menghadapi semua yang ada dikehidupan ini.

Baca Juga: Risma Janji Beri Beasiswa ke Anak Pemulung di Kolong Tol Pluit

3. Risma ajak anak-anak hadapi kenyataan

Risma Cerita Bledek, Mantan Copet yang Kini Jadi Anak AngkatnyaRisma Blusukan di Balong Cangkring Mojokerto/Zainul Arifin

Risma mengatakan bahwa kunjungan kerja yang ia lakukan berguna untuk mengetahui secara langsung kondisi di lapangan. Dengan begitu, pihaknya bisa mengkaji data yang ada, berikut kebutuhan anggarannya.

Risma berharap masyarakat yang mendapatkan bantuan dari Kemensos RI secepatnya dapat mandiri. Sebaliknya, Kemensos tak akan lepas begitu saja usai memberikan bantuan.

"Kalau pelatihan saja tidak bisa, kemudian marketing juga tidak apa. Ini yang sekarang coba kita selesaikan, termasuk bangunan-bangunan ini. Nanti kita komunikasikan dengan yayasan karena ini lahannya kan bukan milik perorangan. Tidak bisa orang per orang, beda dengan program beda rumah," tegasnya.

Baca Juga: Blusukan ke Eks Lokalisasi di Mojokerto, Risma Bagi Bansos

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya