Comscore Tracker

Punya Alat Sendiri, PMI Tulungagung Ajak Penyintas COVID-19 Berdonor

Pada hari pertama beroperasi, ada 3 pendonor

Tulungagung, IDN Times - Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Tulungagung kini telah memiliki alat apherisis untuk pengambilan donor plasma konvalesen. Alat ini mulai dioperasikan hari ini, Kamis (03/3/2021). Mereka pun mengajak para penyintas COVID-91 untuk mendonorkan plasma konvalesennya.

Terdapat tiga orang penyintas COVID-19, yang melakukan donor plasma konvalesen perdana ini. Mereka merupakan bagian dari 15 penyintas, yang dinyatakan lolos seleksi dan bisa melakukan donor tersebut.

1. Bentuk kepedulian terhadap pasien COVID-19 lain

Punya Alat Sendiri, PMI Tulungagung Ajak Penyintas COVID-19 BerdonorPMI Tulungagung layani donor plasma konvalesen. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Salah seorang peyinntas COVID-19, Ahmad Samsuri mengaku sangat senang bisa terlibat dalam donor plasma konvalesen ini. Guru di sebuah SMP negeri ini mengaku sudah terbiasa melakukan donor darah di PMI. Pasca dinyatakan negatif COVID-19 pada pertengahan Januari lalu, Samsuri kemudian mengikuti seleksi calon pendonor plasma konvalesen dan dinyatakan lolos.

"Ini merupakan bentuk kepedulian terhadap pasien COVID-19 lainnya, semoga plasma ini bisa membantu mereka," ujarnya, Rabu (03/3/2021).

Baca Juga: Hari Pertama Kerja, Eri Kunjungi Vaksinasi Lansia dan Pendonor Plasma

2. Siap donor plasma dua minggu sekali

Punya Alat Sendiri, PMI Tulungagung Ajak Penyintas COVID-19 BerdonorPMI Tulungagung layani donor plasma konvalesen. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Bagi mereka yang dinyatakan lolos seleksi, donor plasma konvalesen ini bisa dilakukan dua minggu sekali. Berbeda dengan donor darah biasa, prosesnya lebih lama. Satu orang rata-rata membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Karena waktunya yang lama, pihak PMI menyiapkan ruang dan fasilitas khusus bagi pendonor plasma konvalesen. "Insyaalah nanti setiap dua minggu sekali saya akan mendonorkan plasma konvalesen," imbuhnya.

3. PMI akan mengirim pesan pendek ke penyintas

Punya Alat Sendiri, PMI Tulungagung Ajak Penyintas COVID-19 BerdonorPMI Tulungagung layani donor plasma konvalesen. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sementara itu, Kepala PMI Tulungagung, dr Rukmi mengajak semua penyintas COVID-19 untuk melakukan donor plasma konvalesen. Selain melakukan promosi melalui media sosial, mereka juga akan meminta data penyintas ke Dinas Kesehatan setempat. Selanjutnya penyintas akan dikirimi pesang singkat yang berisi ajakan untuk melakukan donor plasma konvalesen.

"Ini dilakukan agar masyarakat tahu bahwa PMI Tulungagung sudah bisa melayani donor plasma konvalesen," pungkasnya.

Baca Juga: Pandemik, Transpuan Tulungagung Banting Setir Jadi ART

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bramanta Pamungkas di IDN Times Community dengan judul PMI Tulungagung Ajak Penyintas COVID-19 Donor Plasma Konvalesen

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya