Comscore Tracker

Sempat Muncul Klaster, 2.330 Santri Blokagung Banyuwangi Divaksinasi

Vaksinasi dilakukan selama tiga hari

Banyuwangi, IDN Times - Sebanyak 2.330 santri di Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi mulai menerima vaksin COVID-19. Pemberian vaksin tersebut dilakukan secara bertahap selama tiga hari, 18-20 Juni 2021.

"Di Pesantren Blokagung dilakukan vaksinasi untuk 2.330 santri selama tiga hari ke depan," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani, Sabtu (19/6/2021).

1. Serapan vaksinasi di Banyuwangi mencapai 89,9 persen

Sempat Muncul Klaster, 2.330 Santri Blokagung Banyuwangi DivaksinasiIlustrasi Lemas (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain pondok pesantren Blokagung, pemberian vaksin juga diberikan untuk pondok lain. Hanya saja, pelaksanaannya menunggu giliran dan ketersediaan vaksin. Per 16 Juni 2021, serapan vaksinasi di Banyuwangi mencapai 89,9 persen atau 334.000 dosis vaksin dari 372.570 kuota vaksin yang didapat.

"Selain di Pesantren Blokagung, vaksinasi juga dilakukan di sejumlah pesantren lainnya. Untuk waktunya dilakukan secara bertahap seiring dengan ketersediaan vaksin," ujarnya.

2. Pihak pesantren mengaku belajar dari pengalaman

Sempat Muncul Klaster, 2.330 Santri Blokagung Banyuwangi DivaksinasiPemberian vaksin di pondok pesantren Blokagung. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Pengurus Pesantren Blokagung, Indi Najmu Tsaqib mengatakan, belajar dari pengalaman sebelumnya, pihaknya mengedepankan protokol kesehatan secara ketat.

"Semua santri yang baru pulang liburan diwajibkan untuk melakukan tes antigen. Mereka juga tidak diperkenankan untuk beraktivitas di luar pesantren. Vaksin ini amat membantu bagi pesantren dalam menghadapi pandemik COVID-19 ini," ujar pria yang akrab disapa Gus Endi itu.

"Tahun ajaran baru ini, kita juga mewajibkan semua tenaga pengajar di pesantren harus telah divaksinasi," tambahnya.

Baca Juga: Limbah COVID-19 Klaster Ponpes Blokagung Capai Satu Kontainer Sehari

3. Muncul klaster September tahun lalu

Sempat Muncul Klaster, 2.330 Santri Blokagung Banyuwangi DivaksinasiPenyiapan 18.000 porsi di dapur umum Ponpes Blokagung selama jalani karantina total. IDN Times/Istimewa

Pondok Pesantren Darussalam Blokagung sendiri pernah menjadi klaster COVID-19 terbesar di Banyuwangi pada September 2020 lalu. Jumlah santri yang pernah terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai lebih dari 600 orang. Klaster itu diduga terbentuk dari santri yang datang dari kampung.

Baca Juga: 80 Santri Ponpes Blokagung dinyatakan Sembuh dari COVID-19

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Mohamad Ulil Albab di IDN Times Community dengan judul Pernah Jadi Klaster, 2.330 Santri Blokagung Banyuwangi Divaksinasi

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya