Comscore Tracker

Penambang Batu di Tulungagung Tewas Tertimbun Longsor

Jenazah ditemukan setelah 6 jam

Tulungagung, IDN Times- Seorang penambang batu tradisional tewas setelah tertimpa material longsor, Rabu (18/11/2020). Korban diketahui bernama Suyut (55), warga Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Korban tertimbun longsor di sebuah kawasan penambangan batu masuk Desa Keboireng, Kecamatan Besuki. Jenazah korban berhasil ditemukan setelah tim gabungan melakukan pencarian selama enam jam.

1. Terdengar suara gemuruh, saksi cek kondisi korban

Penambang Batu di Tulungagung Tewas Tertimbun LongsorLokasi longsor di penambangan batu wilayah Tulungagung, IDN Times/ istimewa

Kapolsek Besuki, AKP Sumaji menjelaskan peristiwa longsor tersebut terjadi pada Rabu (18/11/2020) sore hari. Saat itu korban diketahui sedang mencari batu dengan cara tradisional di lokasi kejadian. Salah seorang saksi kemudian mendengar adanya suara dentuman.

Saksi lalu melihat ke lokasi kejadian dan tidak menemukan keberadaan korban. Saksi tersebut hanya melihat tumpukan material longsoran. "Saksi juga menemukan sepeda motor, bekal dan peralatan milik korban masih berada di sekitar lokasi kejadian," ujarnya.

2. Gunakan alat berat untuk mencari korban

Penambang Batu di Tulungagung Tewas Tertimbun LongsorPetugas temukan lokasi jenazah korban, IDN Times/ istimewa

Saksi yang meyakini bahwa korban tertimbun longsor kemudian melaporkan kejadian ini ke polisi. Tim gabungan yang terdiri dari unsur Polisi, TNI dan Basarnas kemudian berkoordinasi untuk melakukan proses pencarian. Beberapa batuan besar menyulitkan tim untuk melakukan pencarian. Mereka kemudian menggunakan alat berat untuk memindahkan batuan tersebut. Setelah dilakukan pencarian hingga malam hari, jenazah korban akhirnya ditemukan.

"Setelah batuan besar bisa dipindahkan baru terlihat sepatu korban, selanjutnya kita lakukan evakuasi secara manual dengan menggunakan cangkul," imbuhnya.

3. Medan sulit dan lokasi berada di tengah hutan 

Penambang Batu di Tulungagung Tewas Tertimbun LongsorPetugas temukan lokasi jenazah korban, IDN Times/ istimewa

Jenazah korban ditemukan sekitar pukul 20.30 WIB. Setelah dievakuasi, jenazah dibawa ke rumah sakit untuk menjalani visum. Lokasi penambangan ini berjarak sekitar 2 kilometer dari Jalur Lintas Selatan (JLS), dan berada di tengah hutan. Medan menuju lokasi sangat sulit dengan jalanan yang ekstrim. Bahkan untuk membawa jenazah korban ke ambulan mereka menggunakan kendaraan off road yang sudah dimodifikasi milik warga.

"Jenazah sudah dibawa ke rumah sakit, setelah proses pemeriksaan selesai akan diserahkan langsung ke pihak keluarga," pungkasnya.

 

Baca Juga: Lembaga Ini Sebut Pelecehan Seksual di IAIN Tulungagung Bukan Pertama

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bramanta Pamungkas di IDN Times Community dengan judul Penambang Batu Tradisional di Tulungagung Tewas Tertimbun Longsor

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya