Pemkot Malang Siapkan Tempat Isolasi Terpusat di Tiap Kecamatan 

Permudah pemantauan pasien isolasi  

Malang, IDN Times – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tengah menyiapkan tempat isolasi terpusat (Isoter) di masing-masing kecamatan. Hal itu dilakukan untuk mempermudah petugas kesehatan melakukan pemantauan kepada pasien COVID-19 yang tengah menjalani isolasi. Langkah ini juga dilakukan karena selama ini masih ditemukan pasien isolasi COVID-19 yang tidak terpantau lantaran tak melapor.

1. Kurangi Isoman dirumah

Pemkot Malang Siapkan Tempat Isolasi Terpusat di Tiap Kecamatan Rusunawa Universitas Brawijaya akan menjadi tempat isolasi COVID-19 yang baru di Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif menjelaskan bahwa isolasi terpusat akan lebih baik untuk pasien. Mereka tak perlu lagi khawatir dengan kondisinya. Sebab, petugas bisa melakukan pemantauan lebih rutin setiap harinya untuk memastikan kondisi pasien tetap baik. Pasien juga bisa lebih tenang untuk melakukan pemulihan karena mendapat pengawasan yang baik. 

"Kalau sudah ada tempat untuk isoter, maka harapannya nanti tidak ada lagi yang isoman," katanya Rabu (28/7/2021). 

2. Beberapa wilayah sudah ajukan tempat isoter

Pemkot Malang Siapkan Tempat Isolasi Terpusat di Tiap Kecamatan Posko kampung tangguh di Kelurahan Sukoharjo, Klojen Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Sejauh ini, beberapa wilayah seperti Sukun, Kedungkandang, Lowokwaru dan Blimbing susah mengajukan tempat yang disiapkan menjadi tempat isolasi terpusat. Tetapi beberapa wilayah lain seperti Klojen masih belum mengajukan lantaran ada beberapa faktor yang masih dikaji.

Untuk itu, Husnul juga meminta bantuan dari pemangku wilayah seperti RT, RW, lurah hingga camat untuk bisa mengomunikasikan hal tersebut pada masyarakat. Tujuan dibuat isoter adalah untuk memusatkan penanganan COVID-19 pada tiap-tiap kecamatan. 

"Memang ada kondisi psikososial yang harus dikomunikasikan. Untuk itu masing-masing wilayah harus bisa mengomunikasikan ini,” papar dia. 

3. Bisa manfaatkan gedung sekolah

Pemkot Malang Siapkan Tempat Isolasi Terpusat di Tiap Kecamatan Kondisi di Safe House Jl Kawi, Kota Malang yang saat ini jadi tempat isoter utama. IDN Times/Alfi Ramadana

Untuk situasi darurat seperti saat ini, Husnul menilai bahwa tempat untuk isoter bisa dilakukan di mana saja selama sesuai standar. Salah satu tempat yang bisa dijadikan tempat isoter adalah gedung sekolah. Husnul mencontohkan bahwa di wilayah Klojen ada dua tempat yang sudah disurvei, yakni SMKN 3 dan SMKN 2 dan dinilai cocok. Namun, untuk bisa menggunakan gedung sekolah tersebut tentunya perlu ada pembicaraan lebih lanjut dengan provinsi selaku pemilik gedung.

"Sebenarnya tiap kecamatan sudah melakukan survei sendiri. Sehingga mereka sudah memahami apa saja yang diperlukan untuk isolasi terpusat," sambungnya. 

Baca Juga: Selalu Penuh, RSSA Malang Akan Perluas IGD

4. Ada penambahan bed di safe house

Pemkot Malang Siapkan Tempat Isolasi Terpusat di Tiap Kecamatan Para pasien COVID-19 tanpa gejala yang menjalani isolasi di Safe House, Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Selain menyiapkan untuk isoter di masing-masing kecamatan, Husnul juga menyebut bahwa Pemkot Malang tengah mengajukan tambahan bed untuk Safe House yang berada di Jl Kawi, Kota Malang. Sebelumnya kapasitas yang digunakan di Safe House hanya 95 bed saja. Tetapi kini ditambah hingga total tersedia 224 bed

"Penambahan ini sudah mendapat lampu hijau dari Gubernur Jatim," tandasnya. 

Baca Juga: Dear Pencinta Seni, 5 Wisata di Malang Ini Bisa Masuk Travel List Kamu

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya