Pasca Gempa, Puluhan Rumah di Kabupaten Malang Rusak

Rumah rusak tersebar di 10 kecamatan 

Malang, IDN Times - Gempa berkekuatan ma 6,2 yang berpusat di Tenggarta Kabupaten Blitar mengakibatkan sejumlah kerusakan. BPBD Kabupaten Malang mencatat setidaknya ada 30 rumah yang mengalami kerusakan. Rumah rusak tersebut tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Malang. Catatan itu didapat hingga pukul 21.00 WIB, Jumat malam (21/5/2021). 

1. Kerusakan terbanyak di Sumbermanjing Wetan

Pasca Gempa, Puluhan Rumah di Kabupaten Malang RusakKerusakan yang terjadi di bagian plafon rumah warga di Kelurahan Bakalan Krajan, Sukun, Kota Malang. Dok/BPBD Kota Malang

Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Iriawan menjelaskan bahwa kerusakan terbanyak terjadi di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Ada delapan rumah yang dilaporkan mengalami kerusakan.

Jumlah tersebut masih sangat mungkin bertambah lantaran tim masih terus melakukan pendataan pasca gempa Jumat malam. 

"Secara keseluruhan darj data yang masuk ada 30 rumah di Kabupaten Malang," ucap Sadono, Jumat (21/5/2021). 

2. Posko penanggulangan bencana diperpanjang

Pasca Gempa, Puluhan Rumah di Kabupaten Malang RusakIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Sejauh ini, Sadono mengakui bahwa BPBD belum mendirikan posko penanggulangan bencana baru. Pasalnya posko penanggulangan gempa yang terjadi pada 10 April lalu masih berdiri.  Hanya saja pasca kejadian gempa Jumat (21/5/2021) pihaknya kembali menambah personel untuk bersiaga melakukan sejumlah pendataan pada wilayah terdampak. Sebab, ada kemungkinan gempa kali ini memiliki dampak lebih luas ketimbang sebelumnya. 

"Untuk posko utama kami siapkan di kantor BPBD. Karena keadaan darurat bencana pasca gempa 10 April lalu masih berlangsung," tambahnya. 

3. Di Kota Malang ada satu rumah rusak

Pasca Gempa, Puluhan Rumah di Kabupaten Malang RusakKerusakan pasca gempa yang terjadi di Kota Malang. Dok/BPBD Kota Malang

Sementara itu, di Kota Malang dilaporkan terdapat satu rumah rusak terdampak gempa. Rumah yang terdampak tersebut berada di Kelurahan Bakalan Krajan, Sukun, Kota Malang. Kerusakan yang terjadi berupa tembok pada bagian atas plafon runtuh dan menimpa plafon. Namun, kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah. 

"Tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut," kata Kepala BPBD Kota Malang, Alie Mulyanto. 

Baca Juga: BMKG: Gempa Blitar Karena Subduksi Lempeng Indo-Australia  

4. Terjadi beberapa kali gempa susulan

Pasca Gempa, Puluhan Rumah di Kabupaten Malang RusakIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Terpisah, Kepala BMKG Klimatologi, Geofisika Stasiun Karangkates, Ma'muri menyampaikan bahwa hingga dini hari setidaknya tercatat ada beberapa kali gempa susulan. Namun, kekuatan dari masing-masing gempa susulan tersebut lebih kecil daripada gempa pertama yang mencapai magnitudo 6,2.

Gempa susulan pertama berkekuatan magnitudo 2,7 pukul 19.31 WIB dengan kedalaman 91 KM Barat Daya Turen. Lalu gempa susulan kedua berkekuatan magnitudo 2,8 terjadi pukul 19.40 WIB  berpusat 94 km selatan Blitar, dengan kedalaman 32 kilometer.

“Data kami terakhir mencatat gempa susulan terjadi pukul 20.15 WIB berkekuatan 3,1 berpusat di 102 km tenggara, Blitar. Kedalamannya 50 kilometer,” pungkasnya. 

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Blitar, BPBD Jatim Mulai Data Korban dan Kerusakan

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya