Nikahi Gadis Jombang, Mas Kawin Ustaz Abdul Somad 244 Gram Emas

Jadwal pernikahan belum pasti

Jombang, IDN Times - Dai kondang, Ustaz Abdul Somad (UAS) akan segera menikahi gadis asal Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang bernama Fatimah Az Zahra Salim Barabud. Pihak Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang juga telah menggelar rapak atau penyuluhan menjelang pernikahan mereka, Selasa pagi (27/4/2021).

Kepala KUA Kecamatan Peterongan, Abdul Ghofur mengungkapkan, rapak hanya dihadiri oleh pihak keluarga calon pengantin perempuan, yakni calon pengantin Fatimah, wali nikah Salim Barabud yang merupakan bapak dari Fatimah, serta ibunya bernama Bibi Kulsum.

Lebih lanjut Ghofur menjelaskan, saat pelaksanaan penyuluhan dan pemeriksaan terhadap calon perempuan bersama wali dan keluarga bersama asisten UAS, ia sempat menanyakan perihal mas kawin yang akan diberikan mubalig asal Kabupaten Kampar, Provinsi Riau kepada calon istrinya.

"Mas kawin permintaanya emas 244 gram, hanya emas saja yang lainnya tidak ada, katanya (itu) kesepakatan. Jadi, kan kan kita tanya untuk calon istrinya minta apa, calon istri sama asisten bilang kesepkatan 244 gram emas," jelas Ghofur, Selasa (28/4/2021).

1. UAS harus tandatangani lembar persetujuan

Nikahi Gadis Jombang, Mas Kawin Ustaz Abdul Somad 244 Gram EmasKantor KUA Kecamatan Peterongan. Zainul Arifin

Sejauh ini, kata Ghofur, berkas yang masuk ke KUA sudah lengkap. Hanya saja, masih ada satu lagi yang harus ditandatangani langsung oleh UAS, yakni, blanko formulir N4 tentang persetujuan calon pengantin. UAS belum menandatangani lantaran tidak hadir dalam penyuluhan tersebut. Selama lembar blanko itu belum tandatangani UAS, maka pernikahan masih belum bisa dilaksanakan.

"Persetujuan calon istri dan calon suami (harus) ditandatangani kedua-duanya. Seperti yang beredar itu, tapi tidak ada fotonya," katanya.

"Ini kan calon suami belum datang, pemeriksaan juga belum, izin belum (ditandatangani). Saya menginginkan (calon suami) harus hadir ke KUA, tandatangan di kantor KUA. Kalau kedua duanya sudah tandatangan, silahkan pelaksanaan, kita tidak membatasi, yang penting sudah pelaksanaan lebih 10 hari pendaftaran. Belum bisa dilaksanakan selama UAS belum tandatangan di calon suami," lanjut Ghofur menjelaskan.

2. Jadwal pernikahan UAS masih belum pasti

Nikahi Gadis Jombang, Mas Kawin Ustaz Abdul Somad 244 Gram EmasKepala KUA Kecamatan Peterongan Abdul Ghofur. Zainul Arifin

Ghofur mengungkapkan, jadwal pernikahan UAS terus berubah-ubah. Semula, dilaporkan di KUA tanggal 17 Mei, kemudian berubah tanggal 20 Mei di salah satu hotel di Jombang. Namun, pada saat rapak penyuluhan, wali perempuan menyampaikan masih menunggu kedatangan UAS yang belum diketahui kepastian waktunya.

"Jadwalnya masih belum pasti, nunggu dari UAS. bisa saja setelah UAS datang ke sini usai melakukan rapak langsung akad nikah," ujarnya.

Dia menambahkan, pada intinya, sepanjang calon istri dan calon suami dan wali itu sudah datang ke KUA rapak, maka sudah bisa melaksanakan pencatatan pelaksanaan penikahan. Selama itu, pihak KUA tidak berani melaksanakan pencatatan nikah.

Baca Juga: Ustaz Somad Akan Persunting Warga Jombang, Akad Nikah Mei

3. Keluarga calon pengantin perempuan belum mau berikan ketarengan

Nikahi Gadis Jombang, Mas Kawin Ustaz Abdul Somad 244 Gram EmasSuasana rumah Fatimah calon istri UAS di Jombang. Zainul A

Hingga saat ini, pihak keluarga dari calon pengantin perempuan belum memberikan keterangan sama sekali. "Maaf mas, saya baru datang dari Surabaya, belum mengetahui terkait pernikahan itu. Rapak tadi saya juga kurang tahu," kata Lathifah, salah satu kerabat calon pengantin perempuan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ustaz Abdul Somad Batubara akan melepas status duda setelah bercerai dengan Mellya Juniarti akhir tahun 2019 lalu. UAS akan menikahi gadis bernama Fatimah Az Zahra Salim Barabud, putri dari pasangan Salim Barabud dan Bibi Kulsum.

Usia pendakwah asal Kabupaten Kampar, Provinsi Riau dengan calon istrinya Fatimah terpaut 24 tahun. Ustaz Abdul Somad saat ini berusia 44 tahun, sedangkan calon istrinya yang hafal quran berumur 20 tahun.

Baca Juga: KUA di Jombang Gelar Penyuluhan Jelang Pernikahan Ustaz Somad

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya