Nakes Positif COVID-19 Bertambah, IGD RSUD Ngudi Waluyo Blitar Ditutup

Penutupan berlangsung selama tiga hari

Blitar, IDN Times - Jumlah Tenaga Kesehatan (nakes) di RSUD Ngudi Waluyo, Kabupaten Blitar, yang terkonfirmasi positif COVID-19 bertambah 9 orang. Saat ini, total nakes positif corona di rumah sakit tersebut, mencapai 30 orang. Jumlah ini diperkirakan masih bisa bertambah lagi, karena pihak rumah sakit terus melakukan tracing dan pemeriksaan kepada seluruh nakesnya. Bertambahnya jumlah nakes yang positif ini membuat ruang ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) ditutup sementara waktu.

1. Bertambah 9 orang, total 30 nakes dan pegawai yang positif

Nakes Positif COVID-19 Bertambah, IGD RSUD Ngudi Waluyo Blitar DitutupIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Direktur RSUD Ngudi Waluyo Blitar, dr. Woro Endah Utami menjelaskan 30 nakes dan pegawai RSUD Ngudi Waluyo yang terkonfirmasi COVID-19 terdiri atas 5 dokter, 14 perawat dan 11 tenaga administrasi.

Mereka semua menjalani isolasi di sebuah ruang khusus. Tracing dilakukan menyeluruh di internal RSUD Ngudi Waluyo. Sedangkan untuk tracing keluarga telah disampaikan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar. "Untuk internal kita lakukan tracing sendiri, sedangkan pihak keluarga yang melakukan tracing dari Dinas Kesehatan," ujarnya, Kamis (23/7/2020).

2. Penanganan darurat IGD dialihkan ke rumah sakit lain

Nakes Positif COVID-19 Bertambah, IGD RSUD Ngudi Waluyo Blitar Ditutup(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Bertambahnya jumlah nakes yang terkonfirmasi positif ini berimbas ke penutupan ruang IGD. Selama tiga hari ke depan, mereka tidak menerima pasien di ruangan tersebut. Pasien IGD dan pelayanan kedaruratan lain seperti kecelakaan, akan dialihkan ke rumah sakit lain. Sedangkan pelayanan untuk pasien umum masih tetap beraktifitas seperti biasa. " Untuk IGD ditutup selama tiga hari, Senin sudah buka lagi," tuturnya.

Baca Juga: Wisata di Banyuwangi, Batu, Blitar, dan Pacitan Mulai Dibuka

3. Transmisi lokal, berawal dari kegiatan bersepeda

Nakes Positif COVID-19 Bertambah, IGD RSUD Ngudi Waluyo Blitar DitutupIlustrasi tes virus corona, IDN Times/ istimewa

Sebelumnya 21 nakes dan pegawai RSUD Ngudi Waluyo Blitar terkonfirmasi COVID-19 usai tertular dari komunitas gowes internal rumah sakit. Imbasnya, pelayanan di ruang bedah ditutup sementara waktu. Traccing terus dilanjutkan hingga masuk ke pelayanan Hemodialisa dan pelayanan lain. Hasilnya ditemukan 9 nakes yang juga terkonfirmasi positif.

Baca Juga: Diduga Terpapar Komunitas Sepeda, 21 Nakes di Blitar Positif COVID-19

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya