Mulai Senin, Kapasitas Kunjungan Bromo Akan Ditambah  

Penambahan kapasitas dilakukan usai evaluasi tahap awal

Malang, IDN Times - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kembali bakal menambah kapasitas kunjungan ke Bromo. Hal itu setelah hasil evaluasi yang dilakukan pasca pembukaan kembali Bromo berakhir positif. Empat wilayah yang masuk ke dalam kawasan Bromo sepakat untuk meningkatkan kapasitas kunjungan dari sebelumnya 20 persen menjadi 40 persen. Keputusan tersebut bakal mulai berlaku pada Senin (14/9/2020). 

1. Hasil monitoring berjalan positif

Mulai Senin, Kapasitas Kunjungan Bromo Akan Ditambah  Setelah Bromo dibuka bakal menyusul pembukaan kawasan pendakian Semeru. IDN Times/ Alfi Ramadana

Setelah dibuka lebih dari dua pekan, pariwisata di Gunung Bromo memang mulai bergeliat. Pihak TNBTS sebelumnya sudah mewajibkan penerapan protokol COVID-19 untuk mengantisipasi agar tak muncul klaster baru.

Hasilnya, dari evaluasi menunjukkan bahwa penerapan protokol COVID-19 sudah berjalan sesuai prosedur. Perwakilan tiga wilayah yang hadir, yakni Kabupaten Malang, Pasuruan dan Probolinggo serta perwakilan Kecamatan, Polsek, Koramil, Dinas Kesehatan, BPBD, PHRI, Paguyuban Jeep, Kuda sudah menyepakati poin penting terkait protokol COVID-19 sebelum diputuskan penambahan kapasitas kunjungan. 

2. Regulasi dan protokol COVID-19 harus diperketat

Mulai Senin, Kapasitas Kunjungan Bromo Akan Ditambah  Surat keputusan pembukaan kawasan wisata Bromo. IDN Times/ Alfi Ramadana

Penambahan kapasitas kunjungan itu juga dibarengi dengan peningkatan aspek lain. Setidaknya, ada dua poin penting menjadi kesepakatan tiga wilayah yakni protokol kesehatan memakai masker, serta menghindari berkerumun dan beberapa aturan lain yang sudah ada harus  tetap diterapkan. Lalu ada batasan umur untuk pengunjung yaitu minimal usia 10 tahun dan usia maksimal  60 tahun. 

"Para pihak terkait sudah bersepakat untuk bersinergi dan meningkatkan koordinasi  dalam mengawal  reaktivasi wisata Bromo TNBTS," papar Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Sarif Hidayat," Sabtu (12/9/2020). 

3. Penambahan kuota merata untuk setiap titik

Mulai Senin, Kapasitas Kunjungan Bromo Akan Ditambah  Instagram/tnbromotenggersemeru

Sementara itu, penambahan kuota 20 persen tersebut dibagi merata dan terinci untuk setiap destinasi wisata kawasan Bromo. Rinciannya adalah kawasan Penanjakan meningkat menjadi 250 orang dari sebelumnya 178. Lalu kawasan Bukit kedaluh menjadi 129 orang dari sebelumnya hanya 86 saja. Kemudian untuk Bukit Cinta kapasitas menjadi 42 orang dari sebelumnya 28.

Berikutnya kawasan Mentigen menjadi 150 dati dari sebelumnya 100 orang. Sementara untuk kawasam Savana atau Bukit Teletubies kapasitas menjadi 694 orang dari sebelumnya hanya 347.

"Kalau ditotal, jumlah total kunjungan yang bisa ditampung sesuai kapasitas 40 persen adalah 1.265 orang per hari dari sebelumnya 739 orang per hari," tambah Syarif. 

Baca Juga: Begini Aturan dan Tips Liburan ke Gunung Bromo, Kamu Sudah Tahu?

4. Penambahan kuota sudah diperhitungkan dengan matang

Mulai Senin, Kapasitas Kunjungan Bromo Akan Ditambah  Instagram/tnbromotenggersemeru

Terlepas dari itu, Syarif mengakui bahwa keputusan menambah kuota itu sudah berdasar perhitungan yang matang. Hasil evaluasi selama dua pekan Bromo di buka juga menjadi acuan penambahan kuota. Meskipun nantinya secara bertahap penambahan kapasitas itu juga bakal dievaluasi efektifitasnya. 

"Rencana kuota kunjungan pada tahap 2 menjadi 40 persen sesuai dengan kesepakatan para pihak terhitung Senin pekan depan," tandasnya. 

Baca Juga: Empat Kepala Daerah Sudah Setuju, Bromo Dibuka Lagi 28 Agustus 2020

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya