Comscore Tracker

Zona Merah, Dua Jalan Utama di Kota Malang Ini Akan Ditutup

Aktivitas warga diharapkan bisa berkurang

Malang, IDN Times - Kepolisian Resort Kota Malang Kota berencana untuk kembali melakukan pembatasan pada sejumlah jalan protokol. Hal ini dilakukan lantaran saat ini, Kota Malang masih berkategori zona merah penyebaran COVID-19. Rencananya, penutupan akses jalan protokol tersebut bakal mulai dilakukan oleh kepolisian pada akhir pekan ini bersama dengan Forkopimda Kota Malang. 

1. Batasi aktivitas masyarakat

Zona Merah, Dua Jalan Utama di Kota Malang Ini Akan DitutupPemkot Malang saat melakukan sosialisasi protokol pencegahan COVID-19 dibeberapa tempat di Kota Malang. Dok/Humas Pemkot Malang

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata Kepolisian mengatakan bahwa secara penambahan, sebenarnya sudah mengalami trend penurunan. Namun, saat ini Kota Malang masih berada di zona merah. Pembatasan pun dilakukan untuk mengurangi aktivitas masyarakat. 

"Kami ingin sebenarnya untuk pembatasan kegiatan karena Malang masih zona merah," ucap Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, Rabu (23/9/2020). 

2. Juga lakukan penyemprotan jalan

Zona Merah, Dua Jalan Utama di Kota Malang Ini Akan DitutupKapolresta Malang Kota bersama Dandim 0833 Kota Malang saat terjun langsung memimpin penjemputan AS. Dok/ Istimewa

Selain melakukan penutupan akses jalan, sejumlah rencana penyemprotan disinfektan juga bakal dilakukan di ruas jalan protokol Kota Malang. Upaya tersebut memang mengulang apa yang sudah dilakukan pada awal pandemik COVID-19. 

"Kami sudah siapkan juga untuk penyemprotan jalan dengan disinfektan. Sama seperti saat mulai pemberlakuan sosial distancing beberapa waktu lalu," imbuhnya. 

3. Rencanakan penutupan dua jalan

Zona Merah, Dua Jalan Utama di Kota Malang Ini Akan DitutupWarga bersama relawan melakukan penyemprotan di seluruh wilayah Kelurahan Mergosoni, Kota Malang. Dok/Humas Pemkot Malang

Sejauh ini, pihak kepolisian masih berkoordinasi dengan Forkopimda Kota Malang yang lain sebelum menjalankan rencana tersebut. Namun, Leo menuturkan bahwa rencana penutupan jalan pada jam tertentu itu masih akan dilakukan untuk dua jalan protokol yakni Jl. Veteran dan Jl. Ijen. Teknis pelaksanaan juga diperkiraan hampir sama dengan saat awal pemberlakuan hal serupa awal pandemi lalu. 

"Rencananya dua jalan itu yang akan ditutup dengan jadwal tertentu. Tetapi kami masih koordinasikan dengan Forkopimda yang lain," sambungnya. 

Baca Juga: Sambil Edukasi Masyarakat, Khofifah Bagi Masker di Kota Malang  

4. Lakukan survei terlebih dahulu

Zona Merah, Dua Jalan Utama di Kota Malang Ini Akan DitutupIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Meski sudah memiliki gambaran jalur yang akan dilakukan pembatasan, Leo menambahkan akan tetap melakukan survei terlebih dahulu. Hal itu untuk memastikan bahwa program yang disiapkan tersebut bisa berjalan efektif. Utamanya dalam rangka membatasi aktivitas masyarakat dengan tujuan akhir menurunkan angka kasus COVID-19.

"Memang kemungkinan masih Jl. Ijen dan Jl. Veteran. Tetapi kami akan lakukan survey dulu," pungkasnya. 

Selain Kota Malang, saat ini ada tiga daerah di Jawa Timur yang masih masuk dalam zona merah. Daerah-dearah itu antara lain, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan, serta Kota Pasuruan.

Baca Juga: Soal RS Darurat, Wali Kota Malang: Bisa Mempercepat Proses Penyembuhan

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Masih Zona Merah, Polisi Akan Batasi Akses Sejumlah Jalan di Malang  

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya