Comscore Tracker

Dampingi Pasien COVID-19, Pemkot Malang Siapkan Tim Trauma Healing

Mereka juga bertugas memberikan edukasi untuk masyarakat

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota Malang membentuk Satgas Trauma Healing untuk mereka yang terdampak COVID-19. Ini merupakan terobosan baru dari Pemkot Malang dalam penanganan COVID-19. Ada beberapa unsur yang berada di dalam Satgas Malang Raya Trauma Healing ini. Mereka antara lain,  Forkopimda Kota Malang ditambah dari unsur komunitas hingga psikolog. Satgas ini sendiri diresmikan pada Rabu (21/7/2021) di Mapolresta Malang Kota.  

1. Sasaran utamanya adalah pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri

Dampingi Pasien COVID-19, Pemkot Malang Siapkan Tim Trauma HealingPelantikan tim satgas trauma healing COVID-19 di Polresta Malang Kota. Dok/istimewa

Salah satu tugas utama dari Satgas Trauma Healing adalah memberikan pendampingan kepada pasien COVID-19, utamanya mereka yang menjalani isolasi mandiri. Pendampingan tersebut berupa pengecekan kondisi pasien baik secara kesehatan fisik juga psikologis. Agar para pasien COVID-19 terutama yang menjalani isolasi mandiri bisa lebih bersemangat dalam proses penyembuhannya. 

"Kami petakan mana yang harus jadi prioritas. Kemudian berikutnya kolaborasikan dengan beberapa inovasi agar target bisa tercapai. Bentuk pendampingannya sendiri nanti bisa secara virtual maupun datang langsung ke lokasi," urai Wali Kota Malang, Sutiaji, Rabu (21/7/2021). 

2. Bangun literasi pada masyarakat

Dampingi Pasien COVID-19, Pemkot Malang Siapkan Tim Trauma HealingTim kepolisian memberikan bantuan kepada Evi Marita dan keluarga selama isolasi mandiri. Dok/Humas Polresta Malang Kota

Selain pendampingan kepada pasien, Satgas Trauma Healing juga berupaya membangun literasi yang lebih baik dengan masyarakat, utamanya dalam hal disiplin protokol kesehatan sebagai bagian dari pencegahan. Pemkot menilai, selama ini masih belum banyak literasi informasi yang berkesinambungan di masyarakat. Justru, masyarakat lebih sering mendapat informasi dari media sosial yang terkadang tak bisa dipertanggung jawabkan. 

"Untuk itu kami ingin membangun literasi informasi yang baik. Termasuk juga bagaimana sebagai orang awam menghadapu saudara atau rekan yang terpapar COVID-19. Serta apa yang harus dilakukan pasca terpapar," kata Sutiaji. 

"Kami ingin bangun kekuatan emosional, bahwa kita mampu menghadapi dan mengatasi semua ini," sambungnya. 

Baca Juga: Percepat Herd Immunity, Kota Malang Target 14-20 Ribu Vaksin per Hari

3. Ingin bangun optimisme pada masyarakat

Dampingi Pasien COVID-19, Pemkot Malang Siapkan Tim Trauma HealingKepolisian memberikan bantuan kepada Evia Marita dan kedua anaknya saat isolasi mandiri. Dok/Humas Polresta Malang Kota

Satu hal lain yang juga dilakukan Satgas Trauma Healing adalah mengajak masyarakat untuk saling membantu sesama. Mereka yang memiliki kemampuan lebih diimbau untuk bisa turut andil membantu masyarakat lain yang terdampak COVID-19.

"Sedang kami komunikasikan kepada beberapa pengusaha dan mereka yang berkecupukan untuk bisa membantu masyarakat yang terdampak," pungkas Sutiaji.

Baca Juga: Begini Strategi Kota Malang Menuju Kota Ramah Lansia

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Kota Malang Bentuk Satgas Trauma Healing COVID-19  

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya