Comscore Tracker

Ada Penambahan 67 Kasus Sejak Awal Bulan, Kota Batu Jadi Zona Orange  

Total ada 125 kasus di Batu

Batu, IDN Times - Penambahan kasus COVID-19 dalam beberapa hari terakhir cukup signifikan terjadi di Kota Batu. Hal itu menjadikan Kota Batu zona orange dalam pemetaan kasus COVID-19 di Jawa Timur. Tercatat ada 125 kasus yang terdata di gugus tugas COVID-19 Kota Batu. Jumlah itu melonjak cukup tajam jika dibandingkan dengan akhir bulan lalu yang masih berada di angka 58 kasus. 

1. Terdapat 67 kasus baru sejak awal bulan Juli

Ada Penambahan 67 Kasus Sejak Awal Bulan, Kota Batu Jadi Zona Orange  Area parkir kendaraan di kawasan Alun-alun Batu mulai kembali dipenuhi kendaraam bermotor. IDN Times/ Alfi Ramadana

Peningkatan kasus tersebut tentu saja menjadi sinyal bahaya bagi Kota Batu yang selama ini cukup landai. Bahkan dalam beberapa waktu terakhir, bisa dikatakan perkembangan kasus COVID-19 di Kota Batu cukup mampu dikendalikan. Namun, belakang penambahan kasus justru sangat signifikan dan membuat Kota Batu yang sebelumnya zona kuning meningkat menjadi zona orange. 


"Mulai tanggal 8 Juli 2020 berdasarkan data dari Provinsi Jawa Timur, Kota Batu masuk zona orange. Tetapi kami masih belum dapat pemberitahuan resmi dari Pemprov Jatim," beber Jubir Satgas COVID-19 Kota Batu, M Chori, Senin (13/7/2020). 

2. Mojorejo penyumbang kasus terbanyak

Ada Penambahan 67 Kasus Sejak Awal Bulan, Kota Batu Jadi Zona Orange  Beberapa pengunjung tampak mulai mendatangi alun-alun Batu. IDN Times/ Alfi Syahri

Sejauh ini Desa Mojorejo menjadi penyumbang kasus terbanyak dalam dua tiga hari terakhir. Dari 18 kasus terbaru, tujuh di antaranya merupakan warga Mojorejo. Maka dari itu beberapa waktu lalu Pemkot Batu mengambil langkah untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL). Sebelumnya hal serupa juga sudah dilakukan untuk Desa Giripurno dan sejauh ini cukup mampu menekan angka penambahan kasus di kawasan tersebut. 


"Ada 14 poin indikator yang mempengaruhi perubahan zona dari kuning ke orange di Kota Batu. Salah satunya penambahan kasus," tambah M Chori. 

3. Mojorejo jadi transmisi lokal

Ada Penambahan 67 Kasus Sejak Awal Bulan, Kota Batu Jadi Zona Orange  Foto

Seperti halnya saat PSBL di Desa Giripurno, Satgas COVID-19 Kota Batu menyebut bahwa Desa Mojorejo kini sudah menjadi transmisi lokal. Untuk itu, perlu adanya pembatasan aktfitas warga demi bisa menekan angka penyebaran. Beberapa kasus baru yang muncul di Desa Mojorejo juga merupakan terindikasi dari transmisi lokal. Sebagian dari mereka merupakan warga lokal yang sebelumnya sempat terlibat kontak erat dengan pasien sebelumnya. 


"Saat ini Mojorejo memang sudah menjadi transmisi lokal baru," sambungnya. 

4. Evaluasi kembali pembukaan hotel dan tempat wisata

Ada Penambahan 67 Kasus Sejak Awal Bulan, Kota Batu Jadi Zona Orange  IDN Times/ Alfi Ramadana

Melihat perkembangan kasus tersebut, Pemkot Batu juga bakal mengevaluasi secara cermat pembukaan hotel dan tempat wisata di Kota Batu. Hal itu demi mencegah penambahan kasus yang lebih besar lagi lantaran gelombang wisatawan yang masuk ke Kota Batu juga akan semakin meningkat. 


"Evaluasi ini juga untuk mengetahui sisi lemah dari kebijakan yang diambil. Untuk berikutnya bisa diberikan solusi yang lebih baik," tandasnya. 
 

Baca Juga: Kota Batu Siap Membuka 30 Hotel dan 2 Destinasi Wisata

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Kasus Terus Meroket, Kota Batu Jadi Zona Orange  

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya