Comscore Tracker

Tolak Kasasi, MA Hukum Mati Pelaku Mutilasi Pasar Besar Malang

Di tingkat PN hingga Kejati ia hanya dihukum 20 tahun

Malang, IDN Times - Mahkamah Agung menolak kasasi pelaku kasus mutilasi Pasar Besar Kota Malang, Sugeng Santoso (49). MA akhirnya menjatuhkan hukuman mati kepada Sugeng yang sebelumnya hanya menerima vonis 20 tahun penjara. 

1. Tim kuasa hukum mengaku belum mendapat salinan

Tolak Kasasi, MA Hukum Mati Pelaku Mutilasi Pasar Besar MalangIlustrasi TKP (IDN Times/Mardya Shakti)

Putusan tersebut tentu cukup mengejutkan. Pasalnya pada Februari lalu, PN Malang sudah memutuskan bahwa Sugeng divonis 20 tahun penjara dari tuntutan JPU selama seumur hidup. Putusan itu kemudian dikuatkan lagi oleh Kejati Jatim beberapa bulan setelahnya. Namun, saat mengajukan kasasi ke MA, putusan tersebut ditolak dan Sugeng divonis hukuman mati. 

"Sampai dengan saat ini saya masih belum mendapatkan salinan putusan. Sehingga saya belum bisa banyak berkomentar apa alasan Mahkamah Agung memperberat hukuman Sugeng menjadi pidana mati," papar pengacara Sugeng, Iwan Kuswardi, Selasa (15/9/2020). 

2. Akan usulkan upaya hukum lanjutan

Tolak Kasasi, MA Hukum Mati Pelaku Mutilasi Pasar Besar MalangIlustrasi Pembunuhan (IDN Times/ Mardya Shakti)

Lebih jauh, Iwan menjelaskan bahwa tim kuasa hukum berencana untuk mengajukan upaya hukum lanjutan, yaitu Peninjauan Kembali (PK) atau bahkan permohonan grasi. Namun demikian, Iwan mengakui bahwa semua keputusan tersebut berada di tangan Sugeng sendiri sebagai pihak yang dijatuhi hukuman. 

"Kalau rencana tim penasehat hukum akan mengajukan upaya hukum. Namun, semua ini tergantung pada Sugeng Santoso sendiri kalau mau menerima putusan tersebut tentu kami tidak bisa apa-apa," tambahnya. 

Baca Juga: Cari Jejak Pelaku Mutilasi Pasar Besar, Polisi Turunkan Anjing Pelacak

3. Prihatin dengan putusan MA

Tolak Kasasi, MA Hukum Mati Pelaku Mutilasi Pasar Besar MalangIlustrasi Pembunuhan (IDN Times/ Mardya Shakti)

Selain itu, Iwan mengakui bahwa merasa prihatin dengan putusan MA. Pasalnya dari rangkaian kasus serta hasil visum menunjukkan bahwa korban meninggal terlebih dahulu sebelum dimutilasi. Hal itu sendiri berbeda dengan dugaan yang muncul saat itu yakni korban meninggal karena dimutilasi oleh Sugeng. 

"Persoalan menjadi rumit karena terhadap kejiwaan Sugeng sama sekali tidak dilakukan pemeriksaan. Apakah Sugeng termasuk orang yang normal sehingga harus mempertanggungjawabkan perbuatan pidana atau sebaliknya," sambungnya. 

4. Petikan perubahan putusan sudah diterima Kajari

Tolak Kasasi, MA Hukum Mati Pelaku Mutilasi Pasar Besar MalangIlustrasi TKP (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Kepala Kajari Kota Malang, Andi Darmawangsa menyebut bahwa petikan putusan MA sudah diterima kejaksaan. Bunyi petikan tersebut adalah MA menolak kasasi yang diajukan terdakwa Sugeng dan juga JPU. Lalu MA memperbaiki putusan dengan menjatuhkan vonis hukuman mati kepada yang bersangkutan. Namun demikian, terdakwa masih bisa mengajukan PK atau grasi sebagai upaya hukum untuk memperingan vonis yang sudah dijatuhkan. 

"Kami sudah terima petikan putusannya. Jadi sekarang tinggal apakah yang bersangkutan mengajukan upaya hukum atau malah menerima putusan tersebut," tandasnya. 

5. Kejadian mutilasi terjadi tahun lalu

Tolak Kasasi, MA Hukum Mati Pelaku Mutilasi Pasar Besar MalangSugeng Santoso, pelaku mutilasi Pasar Besar Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Warga sekitar Pasar Besar Kota Malang digegerkan dengan penemuan potongan mayat di area parkir lantai dua pasar Besar, Selasa (15/5/2019). Potongan mayat tersebut ditemukan di tiga tempat berbeda. Potongan tubuh utama ditemukan di dalam toilet. Sementara potongan tangan dan kaki masing masing ditemukan di bawah tangga sebelah timur, tengah dan ujung.  Setelah melakukan pencarian, polisi akhirnya menangkap Sugeng Santoso. Ia diketahui sebagai teman pria korban. 

Baca Juga: Pelaku Mutilasi Pasar Besar Miliki Hubungan Asmara dengan Korban 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Kasasi Ditolak MA, Pelaku Mutilasi Pasar Besar Malang Dihukum Mati  

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya