Comscore Tracker

Rumah Sakit hingga Kantor DPRD di Blitar Rusak Parah

8 kecamatan di Kabupaten Blitar laporkan kerusakan bangunan

Blitar, IDN Times - Gempa bumi yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang, juga berdampak di Kabupaten Blitar. Sejumlah gedung perkantoran seperti Kantor DPRD Kabupaten Blitar dan Kantor Pemkab Blitar rusak parah. Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mencatat sejumlah rumah di 8 kecamatan juga mengalami rusak parah akibat gempa ini.

1. Pendataan masih terus dilakukan

Rumah Sakit hingga Kantor DPRD di Blitar Rusak ParahSuasana di Gedung DPRD Kabupaten Blitar yang rusak parah pasca gempa. IDN Times/ istimewa

Kalaksa BPBD Kabupaten Blitar, Achmad Cholik mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan pendataan terhadap bangunan rusak karena gempa ini. Dari pendataan sementara 8 Kecamatan yang terdampak antara lain, Binangun, Kanigoro, Kesamben, Selorejo, Selopuro dan Wonodadi.

"Termasuk kantor DPRD dan Pemkab yang terletak di wilayah Kecamatan Kanigoro yang juga rusak," ujarnya, Sabtu (10/4/2021).

Baca Juga: Gempa di Malang, Duel Persija Vs Barito Putera Digelar Sesuai Jadwal

2. Sejumlah warga alami luka tertimpa material

Rumah Sakit hingga Kantor DPRD di Blitar Rusak ParahRumah warga di Kabupaten Blitar rusak akibat gempa. IDN Times/ istimewa

Selain rumah, beberapa warga juga mengalami luka-luka karena tertimpa material bangunan. Saat ini, mereka menjalani perawatan di sejumlah fasilitas kesehatan seperti Puskesmas dan rumah sakit swata.

Pihak BPBD hingga saat ini terus memantau hasil pendataan yang dilakukan oleh petugas. "Tim sedang disebar ke seluruh penjuru. Akan segera kami kabari," tuturnya.

3. Ruang di RSUD Mardhi Waluyo rusak

Rumah Sakit hingga Kantor DPRD di Blitar Rusak ParahSuasana di Gedung DPRD Kabupaten Blitar yang rusak parah pasca gempa. IDN Times/ istimewa

Kerusakan juga terjadi di wilayah Kota Blitar. Beberapa bangunan rumah, bahkan sebuah ruang di RSUD Mardhi Waluyo mengalami rusak parah. Wakil Direktur RSUD Mardhi Waluyo Herya Putra mengatakan, terjadi kerusakan di sejumlah kamar di Ruang Cempaka.

Namun, Herya menjelaskan kerusakan berupa atap dan langit-langit sejumlah ruang rawat inap sejauh ini tidak mengakibatkan cedera pada pasien yang sedang dirawat. Pihak Rumah Sakit akan memindahkan semua pasien yang ada di ruang cempaka karena bangunan ruang cempaka merupakan bangunan lama.

"Yang terkena lumayan parah di ruang cempaka, kita akan pindahkan semua pasien dari ruang tersebut," pungkasnya.

Baca Juga: Imbas Gempa, Masjid hingga Rumah di Tulungagung Rusak Parah

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bramanta Pamungkas di IDN Times Community dengan judul Kantor DPRD hingga Rumah Sakit di Blitar Rusak karena Gempa

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya