Kampanye Daring, Cabup Malang Ini Maksimalkan Peran Content Creator

Mereka juga luncurkan medsos resmi

Malang, IDN Times - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Malang, Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (Ladub) sudah menyusun langkah guna memaksimalkan kampanye daring. Kondisi pandemik COVID-19 yang tak kunjung mereda memang membuat tim pemenangan harus memutar otak guna memaksimalkan masa kampanye. Meski tidak mudah, paslon Ladub sudah siap tempur untuk kampanye daring dengan menggandeng content creator.

1. Luncurkan platform digital resmi

Kampanye Daring, Cabup Malang Ini Maksimalkan Peran Content CreatorLathifah Shohib saat pendaftaran calon kepala daerah di KPU Kabupaten Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Langkah awal yang diambil oleh tim pemenangan paslon nomor urut 2 itu adalah dengan meluncurkan platform digital resmi. Platform tersebut berupa website dan media sosial resmi yang menaungi Ladub. Hal itu dilakukan untuk mempermudah para pendukung yang ingin melihat aktifitas Lathifah-Didik selama masa kampanye. 

"Ini salah satu strategi kami untuk mengatasi masalah keterbatasan kampanye tatap muka," terang Jubir Paslon Ladub, Anas Muhammad, Sabtu (10/10/2020). 

2. Kampanye daring punya peran penting

Kampanye Daring, Cabup Malang Ini Maksimalkan Peran Content CreatorPaslon Lathifah-Didik menunjukkan simbol dua jari jempol telunjuk yang menjadi tagline mereka. IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, Anas menyebut bahwa saat ini tim pemenangan Ladub sudah memiliki data pengguna sosmed di tiap daerah pilihan (dapil). Data tersebut amat penting sebagai bagian dari pemetaan sejauh mana efektifitas kampanye daring berlangsung. Terlebih dengan wilayah yang sangat luas, maka kampanye daring dinilai akan lebih mudah menjangkau pelosok-pelosok wilayah di Kabupagen Malang. 

"Pengguna sosmed di Kabupaten Malang ini terhitung cukup tinggi. Maka peluang tersebut akan coba kami manfaatkan untuk mengenalkan profil dan berbagai program dari paslon Ladub. Paling tidak kami ingin berbagai konten yang sudah dab akan disiapkan bisa terdistribusi secara massif melalui sosial media," tambahnya. 

Baca Juga: MA-Mujiaman Dilaporkan karena Bagi Sarung, Bawaslu: Bukan Kampanye

3. Libatkan konten kreator

Kampanye Daring, Cabup Malang Ini Maksimalkan Peran Content CreatorPaslon Lathifah Shohib saat penyerahan berkas pendaftaran ke KPU Kabupaten Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Tak hanya maksimalkan medsos, tim pemenangan paslon Ladub juga bakal melibatkan konten kreator. Mereka bakal membuat konten informasi yang menarik seputar paslon Lathifah-Didik untuk kemudian disampaikan kepada masyarakat. Sejauh ini, upaya yang dilakukan oleh paslon Ladub menurut Anas sudah berada pada koridor yang benar. Lalu respon masyarakat terhadap kampanye daring yang mulai dilakukan Lathifah-Didik juga cukup positif. 

"Kami juga telah beberapa kali menyelenggarakan kampanye dialog daring dengan berbagai komunitas di Malang. Hasilnya masyarakat cukup apresiatif dengan apa yang kami lakukan," katanya. 

4. Tetap ada kampanye tatap muka

Kampanye Daring, Cabup Malang Ini Maksimalkan Peran Content CreatorPaslon Lathifah-Didik menunjukkan nomor urut mereka usai undian di Gedung DPRD Kabupaten Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain memaksimalkan kampanye daring, Anas juga menambahkan bahwa pihaknya tetap berupaya melakukan variasi dengab kampanye tatap muka. Tetapi tetap dengan mengedepankan protokol pencegahan COVID-19. Salah satu upaya kampanye tatap muka yang dilakukan Lathifah-Didik adalah dengan pola canvasing dan blusukan. Hal itu dilakukan untuk menginventarisir permasalahan yang ada di masyarakat. 

"Intinya kami siap dengan kampanye daring dan mendukung penerapan protokol kesehatan sesuai aturan kampanye yang berlaku. Kami juga optimis bisa memenangkan kontestasi karena strategi darat dan udara sudah siap dilakukan semua," tandasnya.

Baca Juga: Kampanye Daring di Karangasem Susah Sinyal, Paslon Pilih Tatap Muka

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya