Jadi Sorotan, Dana Hibah Museum SBY - ANI di Pacitan Batal Cair 

Bupati menyatakan tidak tahu alasan Pemprov 

Pacitan, IDN Times – Dana hibah dengan nilai Rp9 miliar dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk pembangunan Museum SBY-ANI di Kabupaten Pacitan batal diberikan. Bupati Pacitan Indartato telah menerima dan membaca isi surat tersebut.

“Memang benar hal itu (tentang pembatalan pemberian dana hibah),” kata dia saat dihubungi IDN Times, Senin (22/2/2021) petang.

1. Sedianya masuk APBD Pacitan tahun 2021 

Jadi Sorotan, Dana Hibah Museum SBY -  ANI di Pacitan Batal Cair Ilustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Bupati dua periode ini menyatakan tidak tahu menahu alasan pembatalan tersebut. Yang jelas, ia meyakini pihak Pemprov Jawa Timur memiliki pertimbangan maupun kajian tersendiri tentang cair atau tidaknya dana hibah untuk pembangunan Museum SBY-ANI.

Sedianya, pihak pemprov telah menyetujui pemberian dana hibah melalui bantuan keuangan khusus kepada Pemkab Pacitan dalam perubahan APBD Provinsi Jawa Timur tahun 2020. Untuk realisasinya direncanakan masuk APBD Pacitan tahun 2021.

Baca Juga: Polemik Dana Hibah untuk Museum SBY-ANI, Bupati Pacitan Buka Suara

2. Bupati minta menanyakan ke provinsi soal alasan pembatalan

Jadi Sorotan, Dana Hibah Museum SBY -  ANI di Pacitan Batal Cair Ilustrasi Smartphone (IDN Times/Mardya Shakti)

Namun, isu itu menuai pro dan kontra selama beberapa waktu terakhir. Sebab, dana hibah dari pemerintah disebut untuk Yudhono Foundation, yayasan yang didirikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Isu itu bermula dari unggahan warganet di media sosial kemudian menjadi konsumsi di media massa.

“Alasannya karena menjadi sorotan atau tidak, saya kurang memahami. Lebih baik, Anda menanyakan ke provinsi,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Pacitan ini.

3. Dulunya pemkab mengajukan permohonan ke provinsi  

Jadi Sorotan, Dana Hibah Museum SBY -  ANI di Pacitan Batal Cair Ilustrasi Infrastruktur (Jalan Tol) (IDN Times/Arief Rahmat)

Dengan alasan itu, pihak pemkab tidak dapat berbuat banyak dengan pembatalan pemberian dana hibah untuk pembangunan Museum SBY-ANI. “Kami taat pada peraturan” ujar bupati yang masa jabatannya berakhir pada April nanti ini.

Terkait awal rencana pemberian dana hibah, Indartato mengungkapkan bahwa pihak pemkab sempat mengajukan permohonan ke pemprov. Sebab, keberadaan museum dinilai akan menambah destinasi wisata di Pacitan. Apalagi, lokasinya berada di tepi jalan lintas selatan (JLS).

Baca Juga: Demokrat Jatim Tegaskan Tak Pernah Minta Bantuan untuk Museum SBY-Ani

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya