IMS 2019: Jadi PNS di Banyuwangi Harus Punya IPK 3,5

#IMS2019 Yang IPK satu koma cung tangan!

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi punya cara unik untuk menjaga kualitas Sumber Daya Manusia di lingkungan birokrasi mereka. Salah satu yang mereka lakukan adalah dengan melakukan seleksi ketat saat rekrutmen calon pegawai.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan hal itu dilakukan karena kunci utama dalam birokrasi adalah SDM.

"Jadi, PNS di Banyuwangi harus punya IPK 3,5. Apalagi untuk sarjana akuntansi, hukum, dan arsitek," ujarnya saat menjadi pembicara di Indonesia Millennials Summit 2019, Sabtu (19/1).

Meski awalnya menuai pro dan kontra, ide ini mendapat respons dari warga Banyuwangi. "Bahkan, anak Banyuwangi yang bekerja di luar kota akhirnya pulang kampung. Mereka memilih kerja di daerah sendiri."

Apa yang dilakukan Anas diklaim mulai berbuah positif. SDM unggul disebut mampu memperbaiki kinerja Pemkab Banyuwangi.

Salah satu yang paling terasa adalah di bidang wisata. Saat ini Banyuwangi memiliki 99 event  tiap tahun. Hasilnya, wisatawan yang pada tahun 2013 hanya 600 ribu per tahun, kini mencapai 5,1 juta orang setahun.

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2019. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini dilangsungkan pada 19 Januari 2019 di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta. 

IMS 2019 menghadirkan lebih dari 50 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. 

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh 1.500-an pemimpin millennial. Dalam IMS 2019, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2019. Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerjasama dengan Alvara Research Center. 

Melalui survei yang melibatkan 1400-an responden di 12 kota ini, IDN Times menggali aspirasi dan DNA millennial Indonesia. Survei ini sendiri dilakukan pada periode 20 Agustus-6 September 2018 dengan margin of error 2,62 persen.

Simak hasilnya di IMS 2019, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: IMS 2019: 3 Jam KTP Tak Jadi, Pemkab Banyuwangi Mutasi Petugasnya 

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya