Comscore Tracker

Hujan Sejak Malam, Pasar dan Sawah di Banyuwangi Terendam

Hujan masih terjadi hingga Kamis pagi

Banyuwangi, IDN Times - Banjir, longsor dan pohon tumbang terjadi di sejumlah wilayah Banyuwangi akibat Hhujan deras yang mengguyur sejak Rabu malam 16 Juni hingga Kamis pagi, (17/6/2021) mengakibatkan. Salah satu tergenang banjir adalah Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar.

"Hujan deras mulai pukul 21.00 WIB, rumah saya dekat pasar terendam. Pasar tradisional Sumberayu sampai terendam setinggi lutut orang dewasa," ujar Sofyan, warga Pasar Sumberayu, saat dihubungi IDN Times, Kamis, (17/6/2021).

1. Pasar terendam, pedagang selamatkan dagangannya

Hujan Sejak Malam, Pasar dan Sawah di Banyuwangi TerendamPasar Sumberayu terendam. IDN Times/Istimewa

Sofyan mengatakan, hujan terus mengguyur hingga Kamis pukul 05.00 WIB. Sementara luapan air sudah menggenangi rumahnya sejak pukul 00.00 WIB. Sejumlah rumah warga juga terendam banjir.

"Sekarang saya masih sibuk bersih-bersih rumah. Sekarang pedagang juga pindah di pinggir jalan yang tidak terendam banjir," katanya.

Dalam video yang unggah Sofyan di story WhatsApp-nya, sejumlah lapak di dalam pasar Sumberayu tampak terendam air. Para pedagang yang sudah buka, tampak menyelamatkan barang-barang berharganya.

"Hujannya memang deras sekali, sekarang pedagang pindah jualan," katanya.

2. Petani keluhkan tanamannya rusak karena banjir

Hujan Sejak Malam, Pasar dan Sawah di Banyuwangi TerendamIlustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Khariri warga Desa Wringinputih Kecamatan Muncar juga mengalami dampak banjir. Kendati hanya genangan di halaman rumah, namun tanaman cabainya yang mencapai setengah hektar lebih terancam rusak terkena banjir.

"Gak tahu sudah, hancur tanaman cabai saya. Ini sudah lama gak hujan, sekarang dikasih hujan derasnya luar biasa," kata Khariri.

Baca Juga: Klaster Hajatan di Banyuwangi, 25 Orang Positif COVID-19 

3. Belum ada laporan resmi dari BPBD Banyuwangi

Hujan Sejak Malam, Pasar dan Sawah di Banyuwangi TerendamIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, belum ada laporan dari Pusdalops BPBD Kabupaten Banyuwangi terkait peristiwa banjir di Muncar. Namun, sejumlah relawan melaporkan kejadian pohon tumbang di Kecamatan Tegaldlimo, dan Longsor di Desa Pakel, Kecamatan Licin yang mengakibatkan 2 rumah warga rusak.

Baca Juga: Tumbuhkan Homestay di Desa, BKPM Puji Pembatasan Hotel di Banyuwangi

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Mohamad Ulil Albab di IDN Times Community dengan judul Hujan Semalam, Rumah dan Pasar di Banyuwangi Terendam

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya