H-5 Lebaran, Pemeriksaan di Check Point Madiun Diperketat 

Tak segan pemudik diminta berputar arah 

Madiun, IDN Times – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19  Kabupaten Madiun memperketat penjagaan di check point atau titik pemeriksaan. Pada H-5 Lebaran 1441 Hijriyah atau Senin (18/5), pemeriksaan dilakukan tiga hingga empat kali. Sedangkan beberapa hari sebelumnya hanya dilakukan sekali.

1. Empat pos check point berdiri di Kabupaten Madiun  

H-5 Lebaran, Pemeriksaan di Check Point Madiun Diperketat Sebuah mobil melintas di depan Pos Check Point di jalur Madiun - Nganjuk yang masuk wilayah Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Check point di Kabupaten Madiun didirikan di empat titik. Lokasinya di pintu masuk wisata Umbul Square di Kecamatan Dolopo yang berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo. Kemudian di Pos Nampu, Kecamatan Saradan yang berbatasan dengan Kabupaten Nganjuk.

Selain itu, di Gerbang Tol Madiun, Kecamatan Madiun dan Gerbang Tol Caruban, Kecamatan Pilangkenceng. “Penyekatan sengaja diperketat untuk mencegah gelombang pemudik,” kata Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Madiun Aksien Muharom ditemui di Pos Nampu, Saradan.

2. Prioritas pemeriksaan untuk truk dan travel  

H-5 Lebaran, Pemeriksaan di Check Point Madiun Diperketat Petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun sedang memeriksa kelengkapan kendaraan bermotor yang melintas di depan pos check point Nampu, Saradan, Kabupaten Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Adapun kendaraan yang menjadi perhatian khusus adalah truk dan travel. Sebab, dimungkinkan menjadi modus bagi pemudik untuk mengelabui petugas. Ini seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di Pos Nampu, Saradan.

Kala itu, sebuah Isuzu Elf diketahui melintas dari arah Nganjuk menuju Madiun dengan mengangkut sejumlah santri salah satu pondok pesantren di Kediri. Kendaraan itu disewa untuk mengantarkan para penumpang mudik di sejumlah daerah.

“Penumpangnya  kami minta kembali dengan dijemput mobil milik pesantren. Sedangkan, sopirnya berurusan dengan polisi karena surat-suratnya tidak lengkap,” ujar Aksien.

Baca Juga: 120 Orang di Kota Madiun Kehilangan Pekerjaan Gegara COVID-19   

3. Suhu badan pengendara dana penumpang selalu diperiksa  

H-5 Lebaran, Pemeriksaan di Check Point Madiun Diperketat Petugas Dinas Kesehatan sedang mengecek suhu badan pengendara sepeda motor yang melitas di depan pos check point Nampu, Saradan, Kabupaten Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Perwira Pengendali pos check point Nampu, Saradan, Iptu Ramidjan menambahkan penyekatan dilakukan setiap kali ada kendaraan yang melintas dan terindikasi ditumpangi pemudik. Jika ada yang dicurigai termasuk berdasarkan informari dari petugas di Nganjuk, maka kendaraan akan dihentikan.

Pemeriksaan suhu badan sopir maupun penumpang dilakukan. Kelengkapan surat kendaraan juga diteliti.  “Kami juga memberikan pemahaman jangan sampai para pengguna jalan menyebarkan COVID-19,” ujar Ramidjan.

Baca Juga: Anggaran Penanganan COVID-19 Kabupaten Madiun Baru Terserap Rp2,1 M

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya