Gibran Resmi Maju di Pilkada, Risma: Punya Mimpi Bangun Kota UMKM

Mereka pernah bertemu Maret lalu

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini angkat suara atas turunnya rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat PDIP untuk Gibran Rakabuming Raka pada Pilkada Solo tahun ini. Ia mengaku mendoakan agar Gibran mampu mewujudkan mimpi-mimpinya untuk memajukan Kota Surakarta.

1. Kepada Risma, Gibran pernah berkonsultasi tentang cara mewujudkan kota UMKM

Gibran Resmi Maju di Pilkada, Risma: Punya Mimpi Bangun Kota UMKMWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat mengunjungi anak-anak korban pencabulan, Sabtu (11/7/2020). Dok Humas Polres Tanjung Perak

Risma mengatakan bahwa Gibran pernah berkonsultasi kepada dirinya tentang beberapa kebijakan pengelolaan kota. Salah satunya adalah soal cara membuat agar Solo bisa menjadi kota Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). "Mas Gibran mengaku punya mimpi agar Solo menjadi kota UMKM. Tanya kepada saya bagaimana caranya," kata Risma di Balai Kota Surabaya, Sabtu, (18/7/2020).

Ia pun mengaku mendukung keputusan putra sulung Presiden Jokowi untuk maju di Pilkada Solo. "Saya berdoa mudah-mudahan mas Gibran bisa memajukan Kota Solo dan  menjadi kota UMKM yang berhasil." 

2. Keduanya pernah bertemu pada Maret lalu

Gibran Resmi Maju di Pilkada, Risma: Punya Mimpi Bangun Kota UMKMPertemuan Gibran Rakabuming Raka dengan Tri Rismaharini. IDN Times/Larasati Rey

Pertemuan pertema Gibran Rakabuming Raka dengan senior PDIP, Tri Rismaharini digelar di salah satu resto di Solo, Jawa Tengah, Rabu (4/3/2020). Dalam pertemuan tersebut putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut mengaku mendapat banyak ilmu setelah ketemu dengan Wali Kota Surabaya dua periode tersebut.

Sambil menyantap pecel Solo, Gibran tampak lebih banyak mendengarkan Risma yang sejak awal pertemuan hingga akhir terlihat begitu bersemangat membahas tentang peningkatan perekonomian dan kesejahteraan rakyat.

Usai pertemuan tersebut Gibran mengaku seperti mengikuti kuliah yang dimentori oleh Wali Kota yang dikenal tegas tersebut.

“Tadi makan siang saja, sekaligus konsultasi. Tadi Bu Risma menjelaskan UMKM di Surabaya. Bagaimana UMKM didampingi. Bagaimana packagingnya, bagaimana pemasarannya. Tadi makan pecel sekaligus kuliah. Banyak sekali ilmu yang bisa diterapkan di Solo,” ungkap Gibran kala itu

Baca Juga: Makan Pecel dan Ngobrol Dengan Risma,  Gibran: Saya Dapat Banyak Ilmu

3. Gibran resmi bertarung di Pilkada Solo bersama Teguh Prakosa

Gibran Resmi Maju di Pilkada, Risma: Punya Mimpi Bangun Kota UMKMDok. Humas DPC PDIP Solo

Bakal Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka resmi diusung PDI Perjuangan (PDIP), untuk maju pada Pilkada Serentak 2020.

Pengumuman rekomendasi tersebut dibacakan langsung oleh Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani, dan disaksikan langsung oleh Ketua Umum Megawati Soekarnuputri, Jumat (18/7/2020). Di Pilkada Surakarta, Gibran akan berpasangan dengan Teguh Prakosa, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai ketua DPRD Surakarta.

Baca Juga: Sempat Ogah Berpolitik, Kini Gibran Kendarai 'Banteng' di Pilkada Solo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya