Gali Pondasi Rumah, Warga Jombang Temukan Granat Berbentuk Nanas

Awalnya dikira benda bersejarah Bokormas
Jombang, IDN Times - Warga Dusun Mulyorejo, Desa Grobokan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang mendadak dikejutkan dengan penemuan benda diduga granat di sebuah rumah warga. Granat berbentuk Nanas tersebut ditemukan seorang pekerja yang sedang membangun rumah warga. Khawatir terjadi sesuatu hal, temuan itu dilaporkan ke Polsek setempat.

1. Ditemukan warga ketika menggali pondasi rumah

Gali Pondasi Rumah, Warga Jombang Temukan Granat Berbentuk NanasWarga penemu Granat, Sagi (67). IDN Times/Zainul Arifin

Sagi (67), warga setempat, saat itu bersama pekerja lainnya sedang membangun pondasi rumah milik Candra Setia Bekti. Ketika melakukan penggalian tanah pondasi berkedalaman sekitar 60 sentimeter, tiba-tiba alat cangkulnya menghantam benda keras. Setelah diamati, benda itu bentuknya seperti nanas.

"Waktu mencangkul atau menggali kan banyak batu batu bulat gitu, posisinya di tengah tengah berdiri. Terus saya lihat bentuknya seperti nanas. Bagian atasnya sempat terkena cangkul," kata Sagi di lokasi temuan, Kamis (18/11/2020).

2. Awalnya dikira benda bersejarah Bokormas

Gali Pondasi Rumah, Warga Jombang Temukan Granat Berbentuk NanasLokasi penemuan granat nanas. IDN Times/Zainul Arifin
Dikatakan Sagi, saat itu ia sempat jengkel dan terus menggalinya karena dia mengira benda tersebut merupakan prasasti peninggalan sejarah Bokormas. Ia baru tahu setelah pekerja lainnya memberitahunya jika itu adalah granat. Setelah itu, temuan itu dilaporkan ke polisi.
 
"Saya kira bokormas terus saya lihat kok seperti nanas. Agak jengkel juga terus saya pande sedikit ujungnya lepas. Taunya (Granat) dari teman-teman semua, bilang ini granat," katanya.

3. Polisi pasang police line di lokasi temuan

Gali Pondasi Rumah, Warga Jombang Temukan Granat Berbentuk NanasPolice line di lokasi temuan. IDN Times/Zainul Arifin

Kapolsek Mojowarno, Jombang, AKP Yogas membenarkan adanya temuan itu. Dia mengatakan, benda diduga granat itu ditemukan warga pada saat membangun rumah Rabu 18 November kemarin sekitar pukul 10.00 WIB dan dilaporkam hari ini oleh perangkat desa setempat. Setelah menerima laporan, pihaknya langsung datang ke TKP dan mengamankan lokasi temuan.

"Ya, kebetulan saat penggalian mengenai benda keras diduga granat nanas. Hari ini, Kamis (19/11/2020) kita evakuasi. Untuk mengamankan lokasi, sementara ini kita lakukan pemasangan police line untuk menjaga hal hal yang tidak kita inginkan," kata Yogas.

Baca Juga: Anggota DPRK Ahmad Yani Berkisah Soal Pelemparan Granat di Rumahnya

4. Belum diketahui aktif atau tidak granat itu

Gali Pondasi Rumah, Warga Jombang Temukan Granat Berbentuk NanasBenda Granat Nanas ditemukan warga. IDN Times/Zainul Arifin
Mantan Kapolsek Gudo tersebut menambahkan, belum diketahui secara pasti apakah granat nanas itu aktif atau tidak. Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu kedatangan tim gegana penjinak bahan peledak (Jihandak) Polda Jatim untuk mengevakuasi benda tersebut.
 
"Sesuai prosedur pengamanan, kita menghubungi Brimob yang menangani secara khusua, yakni tim Jihandak. Kami belum tahu betul aktif apa tidak, karena kita boleh underestimate (meremehkan), maka tetap kita amankan supaya tidak membahayakan warga," pungkasnya. Granat ini sendiri akhirnya dievakuasi sekitar pukul 20.00 WIB oleh tim brimob.

Baca Juga: Granat Aktif Ditemukan di Irigasi di Lebak

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya