Gagal Jebol Brankas, Dua Pembobol Bank di Tulungagung Ditangkap Polisi

Kejadian berlangsung pada 2 Februari 2021 lalu

Tulungagung, IDN Times - Pelaku pembobolan terhadap Bank Jatim Kantor Kas Ngantru, ditangkap oleh Unit Reskrim Polsek setempat. Pelaku berjumlah dua orang ini diamankan di dua lokasi berbeda. Tersangka Rustam Efendi (25) warga Desa Kroncong, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri ditangkap di wilayah Sedati, Sidoarjo. Sedangkan tersangka Angga Santoso (22) warga Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun, Blitar ditangkap di wilayah Blitar. Kedua tersangka ini bekerja sebagai sopir truk lepas.

1. Pembobolan dilakukan awal bulan Februari lalu

Gagal Jebol Brankas, Dua Pembobol Bank di Tulungagung Ditangkap PolisiBank yang dibobol kedua pelaku. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kapolsek Ngantru, AKP Puji Widodo menjelaskan aksi pembobolan terhadap bank ini terjadi pada 2 Februari lalu. Keduanya masuk bank dengan cara memecah glass block yang berada di kamar mandi.

Keduanya lalu mencabuti kabel kamera CCTV dan mengambil DVR nya agar aksinya tidak terekam. Aksi mereka dilanjutkan dengan masuk ke ruang penyimpanan brankas. "Mereka masuk dengan cara memecahkan glass block bagian kamar mandi bank menggunakan palu," ujarnya, Senin (08/3/2021).

2. Berusaha bongkar brankas selama hampir 5 jam

Gagal Jebol Brankas, Dua Pembobol Bank di Tulungagung Ditangkap PolisiPelaku pembobolan bank dikeler polisi. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Selama hampir lima jam kedua tersangka ini berusaha membongkar brangkas  menggunakan palu dan betel besi. Namun usaha keras tersebut tidak membuahkan hasil manis. Mereka masuk ke dalam bank sekitar pukul 00.00 WIB dan keluar pukul 06.00 WIB tanpa berhasil membawa uang dari dalam brankas tersebut.

Karena sudah pagi keduanya memutuskan meninggalkan bank dengan membawa laptop yang ada di atas meja. "Mereka hanya membawa laptop saja, sedangkan DVR dibuang ke tengah sawah, brankas tidak berhasil dibongkar," tuturnya.

Baca Juga: Maria Pauline Lumowa Dicecar 27 Pertanyaan Terkait Pembobolan BNI

3. Berdalih sepi order sopir

Gagal Jebol Brankas, Dua Pembobol Bank di Tulungagung Ditangkap PolisiPelaku pembobolan bank dikeler polisi. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Dari hasil pemeriksaan tersangka, aksi pembobolan ini sudah kedua kali mereka lakukan. Sebelumnya mereka pernah membobol sebuah ruko. Namun aksi tersebut tidak berjalan mulus karena keduanya terpergok oleh pemilik.

Selama ini mereka menyasar bangunan yang tidak dijaga pada malam hari. Pelaku ini nekat membobol dengan dalih sepi orderan sopir. "Keduanya bekerja sebagai sopir truk freelance, dan selama ini sepi orderan sehingga nekat membobol," pungkasnya.

Baca Juga: Deretan Pembobolan Bank di Indonesia Selain Kasus Maria Pauline

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya