Erupsi Raung Mereda, Ketinggian Abu 500 Meter

Mulanya capai 2500 meter dari puncak

Banyuwangi, IDN Times - Aktivitas vulkanik Gunung Raung yang berada di kawasan Kabupaten Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso mengalami penurunan sejak dua hari terakhir. Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo mengatakan, hari ini abu vulkanik yang keluar dari Gunung Raung terpantau tipis hingga sedang. Arah angin membawa abu ke timur dan timur laut.

"Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 300-500 meter di atas puncak kawah,” jelas Mukijo, Minggu (14/2/2021). 

1. Kepulan abu vulkanik menurun 

Erupsi Raung Mereda, Ketinggian Abu 500 MeterErupsi Gunung Raung saat mengalami peningkatan aktivitas vulkanik. IDN Times/Istimewa

Muntahan abu vulkanik yang sebelumnya mencapai 2500 meter dari atas puncak Gunung Raung, saat ini telah menurun menjadi 500 meter dengan  embusan ke arah timur laut, timur dan selatan.

"Untuk kegempaan sejak 12 Februari 2021 amplitudonya sudah dominan 1 mm. Kalaupun ada fluktuasi, tremor yang terjadi naik turunnya antara 1 – 4 mm.  Sampai tadi pagi juga, tinggi kepulan asap masih 500 meter,” ujarnya.

2. Intensitas suara gemuruh menurun 

Erupsi Raung Mereda, Ketinggian Abu 500 MeterAktivitas vulkanik Gunung Raung saat mencapai 2500 meter. IDN Times/Istimewa

Selain itu, terkait pantauan kilatan api dari kepulan abu vulkanik sejak Sabtu malam, sudah tidak tampak. Suara gemuruh juga tidak sesering sebelumnya.

“Paling tidak setengah jam sekali. Suara gemuruh sudah tidak terdengar lagi. Begitu juga cahaya api sudah tidak tampak lagi sejak tadi malam,” katanya.

Baca Juga: Erupsi Gunung Raung, 6 Kecamatan di Banyuwangi Terkena Hujan Abu

3. Status masih waspada 

Erupsi Raung Mereda, Ketinggian Abu 500 MeterAktivitas vulkanik Gunung Raung mengalami penurunan. Intensitas kepulan abu vulkanik mencapai 500-1000 meter dari atas puncak dibanding sebelumnya mencapai 2500 meter. IDN Times/Istimewa

Dalam catatannya, intensitas peningkatan vulkanik Gunung Raung terjadi mulai 7-12 Februari 2021. Saat itu abu vulkanik keluar secara terus menerus mencapai 2500 meter di atas puncak. Aktivitas vulkanik Gunung Raung setinggi 3332 Mdpl meningkat menjadi status waspada sejak 21 Januari 2021.

"Setelah tanggal 12 Februari, kondisi Raung menurun hingga saat ini. Meski demikian, status Gunung Raung masih waspada.  Namun tetap, warga diimbau di jarak aman 2 kilometer dari atas puncak," ujarnya.

Baca Juga: Masih Erupsi, Abu Vulkanik Gunung Raung Berbahaya Jika Terkena Mata

Mohamad Ulil Albab Photo Verified Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya