Dua Rumah di Banyuwangi Tertimpa Longsor, Satu Orang Meninggal

Hujan deras mengguyur semalaman

Banyuwangi, IDN Times - Hujan lebat yang mengguyur kawasan Kabupaten Banyuwangi sejak Rabu malam hingga Kamis pagi, (17/6/2021) mengakibatkan dua rumah di Dusun Sadang, Desa Pakel, Kecamatan Licin tertimpa material longsor. Peristiwa yang terjadi pada pukul 02.00 WIB tersebut membuat satu orang meninggal, sementara 5 orang keluarga sempat hilang terkena longsor.

1. Anak berusia 16 tahun meninggal

Dua Rumah di Banyuwangi Tertimpa Longsor, Satu Orang MeninggalRumah longsor di Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi bersama TNI, Polri dan masyarakat langsung melakukan pencarian korban, hasilnya, 5 orang ditemukan, satu di antaranya meninggal.

"Korban sudah ditemukan, dan langsung dimakamkan. Korban meninggal berusia 16 tahun. Korban ditemukan dalam keadaan masih memakai selimut," ujar Danposramil Kecamatan Licin, Peltu Agus Sugiarto, Kamis (17/2021).

2. Korban sedang tertidur pulas

Dua Rumah di Banyuwangi Tertimpa Longsor, Satu Orang MeninggalIlustrasi Longsor (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, dari 4 warga yang selamat dari timbunan longsor, satu di antaranya seorang nenek harus dirawat ke rumah sakit. Peristiwa longsor terjadi saat kelima anggota keluarga tersebut masih tertidur di dalam rumah.

"Jadi korban ini tidur sama neneknya. Dan neneknya tertimbun separuh badan," ujarnya.

Selain di Desa Pakel, peristiwa longsor juga terjadi di Desa Segobang, Desa Jelun dan Desa Kluncing, mengakibatkan kerugian material, namun tidak ada korban jiwa.

Sebelum peristiwa longsor, warga sempat mendengar suara gemuruh  disertai hujan lebat. Warga Desa Pakel sendiri memang banyak yang tinggal di kawasan berbukit.

Baca Juga: Korban Hilang Tertimbun Longsor di Ampelgading Malang Ditemukan  

3. Hujan deras juga akibatkan banjir

Dua Rumah di Banyuwangi Tertimpa Longsor, Satu Orang MeninggalIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, hujan deras juga mengakibatkan banjir, longsor dan pohon tumbang di sejumlah wilayah. Salah satu wilayah yang terdampak banjir yakni Pasar Sumberayu, Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar.

"Hujan deras mulai pukul 21.00 WIB, rumah saya dekat pasar terendam. Pasar tradisional Sumberayu sampai terendam setinggi lutut orang dewasa," ujar Sofyan.

Sofyan mengatakan, hujan terus mengguyur hingga pukul 05.00 WIB. Sementara luapan air sudah menggenangi rumahnya sejak pukul 00.00 WIB. Sejumlah rumah warga juga terendam banjir.

"Sekarang saya masih sibuk bersih-bersih rumah. Sekarang pedagang juga pindah di pinggir jalan yang tidak terendam banjir," katanya.

Baca Juga: Hujan Sejak Malam, Pasar dan Sawah di Banyuwangi Terendam

Mohamad Ulil Albab Photo Verified Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya