Comscore Tracker

Bersamaan dengan Surabaya, Densus Tangkap Terduga Teroris di Mojokerto

Ia seorang penghuni sebuah kosan

Mojokerto, IDN Times - Tim Detasemen Khusus (Densus 88) Anti Teror Mabes Polri menangkap seorang pria terkait dugaan terorisme di daerah Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, pada Jumat (26/2/2021) siang sekitar pukul 11.30 WIB. Upaya ini juga bersamaan dengan penangkapan di Surabaya.

Saat ini, pelaku sudah dibawa ke Polda Jawa Timur. Informasi yang diperoleh, terduga teroris berinisial ME alias Musa yang merupakan penghuni kos milik Hj Nur Wakhid di Desa Jabon RT 13 RW 04, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto. 

1. Ditangkap saat hendak Salat Jumat

Bersamaan dengan Surabaya, Densus Tangkap Terduga Teroris di MojokertoIlustrasi Aksi Terorisme (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut keterangan Kepala Dusun (Kadus) Jabon, Nur Salam (48), Musa disergap polisi saat perjalanan hendak Salat Jumat ke masjid desa setempat. Usai menangkap Musa, tim menggeledah kamar kos yang ditempati Musa.

“Yang bersangkutan sudah diamankan, tadi sekitar jam 12.30 WIB saya diminta mendampingi ke tempat kos. Katanya dari Polda, ada 7 sampai 8 orang,” kata Nur Salam kepada wartawan, Jumat (26/2/2021)

2. Tinggal di kos sekitar satu bulan

Bersamaan dengan Surabaya, Densus Tangkap Terduga Teroris di MojokertoKos yang ditempati terduga teroris. Istimewa

Terduga teroris tersebut baru kos ditempat tersebut belum satu bulan. Nur Salam mengatakan, yang bersangkutan juga belum menyerahkan kartu identitasnya ke pihak RT maupun RW. Sehingga belum mengetahui asal terduga teroris tersebut. Informasinya, terduga teroris itu berjualan parfum.

"Kos-kosannya sudah lama, tapi kalau dia (terduga teroris) belum satu bulan kos di sini. Ini kos-kosan umum, dia jualan parfum. Aturannya, jika ada yang baru kos harus menyerahkan identitas ke Ketua RT/RW tapi diminta masih mbulet,” ujarnya.

Menurutnya, saat di kamar kos terduga teroris menyita sejumlah barang-barang milik terduga teroris dan langsung dibawa ke mobil. Nur Salam saat itu hanya diminta untuk menyaksikannya.

3. Polisi sita laptop hingga flasdisk

Bersamaan dengan Surabaya, Densus Tangkap Terduga Teroris di MojokertoIlustrasi Teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementera itu, Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander membenarkan penangkapan terduga teroris tersebut. Terduga teroris itu berasal dari Sinoman, Kelurahan Miji, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Penjual parfum secara online itu juga mempunyai rumah di Dusun Kebogerang, Desa Sumbergirang, Kecamatan Puri, Mojokerto.

Alexander mengatakan, tim menggeledah di dua lokasi yakni di Desa Jabon, Kecamatan Mojoanyar dan di Desa Sumbergirang, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto.

"Di TKP pertama petugas mengamankan beberapa barang bukti seperti laptop, komputer, memori card, kartu ATM, Handphone, Flashdisk. Untuk TKP kedua kami masih belum monitor," katanya.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Seorang Terduga Teroris di Medokan Ayu Surabaya

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Zain Arifin di IDN Times Community dengan judul Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Penghuni Kos di Mojokerto

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya