Dampak Gempa Blitar Terus Bertambah, 90 Rumah di Kab.Malang Rusak 

Jumlah kerusakan masih bisa bertambah  

Malang, IDN Times - Dampak gempa yang berpusat di Tenggara Kabupaten Blitar terus meluas. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang mencatat hingga Sabtu (22/5/2021) siang, terdapat 90 rumah di wilayah Kabupaten Malang yang mengalami kerusakan.

Jumlah tersebut bertambah dari sebelumnya hanya 30 rumah. Sejak semalam, petugas BPBD Kabupaten Malang memang terus melakukan pendataan wilayah terdampak gempa magnitudo 5,9 yang terjadi Jumat (21/5/2021) malam sekitar pukul 19.09 WIB. 

1. Pendataan masih terus berjalan di lapangan

Dampak Gempa Blitar Terus Bertambah, 90 Rumah di Kab.Malang Rusak Kerusakan yang terjadi di bagian plafon rumah warga di Kelurahan Bakalan Krajan, Sukun, Kota Malang. Dok/BPBD Kota Malang

Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Iriawan menjelaskan bahwa sampai saat ini pendataan masih terus berjalan. Tim dari BPBD Kabupaten Malang masih terus menginventarisir kerusakan yang terjadi pasca gempa Blitar tersebut. Lantaran lokasi titik gempa yang tak berjauhan dengan 10 April lalu, kerusakan yang terjadi juga ada yang berada dalam satu wilayah yang sama. 

“Dari laporan yang masuk ada sepuluh rumah yang sebelumnya telah terdampak gempa pada 10 April 2021 kembali terkena dampak. Kerusakan yang sebelumnya terjadi krena gempa sebelumnya menjadi semakin parah," kata Sadono, Sabtu (22/5/2021). 

2. Empat rumah rusak berat

Dampak Gempa Blitar Terus Bertambah, 90 Rumah di Kab.Malang Rusak Ilustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Dari data yang sudah masuk, 64 rumah mengalami rusak ringan, 17 rumah mengalami rusak sedang dan 4 rumah mengalami rusak berat. Selain kerusakan rumah, gempa  magnitudo 5,9 tersebut juga menyebabkan setidaknya 17 fasilitas umum mengalami kerusakan. Beberapa fasilitas umum yang rusak tersebut di antaranya adalah puskesmas, tempat ibadah, termasuk Balai Dusun Sukodadi di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

“Data Fasum yang mengalami kerusakan sampai saat ini tercatat ada satu balai dusun, tiga tempat ibadah, dan 13 layanan kesehatan,” imbuhnya. 

3. Enam kecamatan terdampak gempa

Dampak Gempa Blitar Terus Bertambah, 90 Rumah di Kab.Malang Rusak Ilustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, setidaknya ada enam kecamatan yang terdampak  gempa Blitar. Enam wilayah yang sudah melaporkan kerusakan diantaranya Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, Sumbermanjing Wetan, Dampit, Gondanglegi, Kalipare hingga Donomulyo.

Selain bangunan yang mengalami kerusakan, tercatat ada satu orang mengalami luka-luka karena gempa tersebut. Korban luka tersebut dilaporkan berasal dari Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo. 

"Detailnya seperti apa masih menunggu laporan di lapangan,” sambung Sadono. 

Baca Juga: Gempa Magnitudo 8,7 Ancam Jatim dan Selatan Jawa, Mitigasi Masih Minim

4. Data masih terus berjalan

Dampak Gempa Blitar Terus Bertambah, 90 Rumah di Kab.Malang Rusak Pembersihan puing-puing reruntuhan pasca gempa di MAN 2 Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Tim gabungan BPBD dan unsur lainnya, kata dia, saat ini masih bersiaga di titik terdampak gempa 10 April lalu. Namun demikian, Sadono menyebut bahwa dampak gempa Blitar tidak sebesar gempa sebelumnya yang melanda Kabupaten Malang.

“Lalu untuk bantuan juga langsung didistribusikan sesuai kebutuhan," pungkasnya.  

Baca Juga: Gempa Blitar, Mapolsek hingga Tempat Ibadah Rusak

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya