Cek Posko PPKM Mikro di Jombang, Khofifah Sebut Jatim Bebas Zona Merah

Terus ingatkan masyarakat disiplin prokes

Jombang, IDN Times - Forkopimda Jawa Timur (Jatim) melakukan pengecekan penerapan perpanjangan PPKM Skala Mikro di hari kedua, Rabu (24/2/2021) malam. Pengecekan menyasar dua posko PPKM Mikro di dua tempat di Kabupaten Jombang, yakni Desa Candimulyo dan Kelurahan Kepanjen, Kecamatan Jombang. 

Pantauan IDN Times, Di dua posko itu, rombongan Forkopimda terdiri dari Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto mengecek kelengkapan ruang isolasi sekaligus penanganan kasus COVID-19.

"Alhamdulillah di desa ini sudah bebas zona merah sudah bebas zona oranye, tinggal satu RT yang zona kuning dan selebihnya sudah zona hijau artinya basisnya sudah sangat mikro sekali," kata Khofifah saat berada di Desa Candimulyo. 

1. Jatim bebas zona merah

Cek Posko PPKM Mikro di Jombang, Khofifah Sebut Jatim Bebas Zona MerahForkopimda Jatim cek posko PPKM Mikro di Jombang. Zainul A

Khofifah menyampaikan bahwa data dan catatan per Selasa (23/2/2021), seluruh Kota dan Kabupaten di Jatim bebas zona merah.

"Tetapi, saya ingin mengingatkan bahwa kepada kita semua, zonasi itu dinamik, tiap Selasa di-update tentu yang sudah terbebas dari zona merah kita berharap semuanya menjaga," kata Khofifah.

Baca Juga: PPKM Mikro di Jawa Timur Diklaim Efektif, Khofifah Kasih Bukti Ini

2. Terus ingatkan masyarakat disiplin prokes

Cek Posko PPKM Mikro di Jombang, Khofifah Sebut Jatim Bebas Zona MerahForkopimda Jatim cek posko PPKM Mikro di Jombang. Zainul A

Menurut Khofifah, arti dari menjaga itu harus lebih waspada, harus lebih ketat tetap menggunakan masker tetap menjaga jarak yang aman tetap mencuci tangan dan tetap menjauhi kerumunan sesuai dengan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan COVID-19.

"Hal-hal seperti ini tetap harus diingatkan kepada seluruh warga dan seluruh siapa saja yang ada di area ini," kata dia.

"Dan alhamdulillah di sini sudah bebas zona merah, bebas zona orange tinggal satu RT zona kuning yang lain sudah hijau," lanjut Khofifah mengulang.

3. Kunjungan ke Posko-posko untuk detailkan penerapan PPKM Mikro

Cek Posko PPKM Mikro di Jombang, Khofifah Sebut Jatim Bebas Zona MerahKhofifah saat cek posko PPKM Mikro di Jombang. Zainul Arifin

Kunjungan ke posko-posko desa yang menjadi sentra PPKM skala mikro dimasing-masing RT dan RW, kata Khofifah, untuk bisa mendetailkan lagi intervensi keefektifan di posko.

"RT dilihat apakah ada yang probable, ada yang suspek. Kalau ada yang positif sampai lima maka kategori dia zona kuning, kalau dia 6 sampai 10, maka dia zona oranye, di atas 10 maka masuk merah," dia menjelaskan.

Baca Juga: Khofifah Bagi 915 Ribu Vaksin COVID-19 untuk Pemberi Pelayan Publik

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya