Comscore Tracker

Candi Mirigambar Dipugar, Struktunya Mulai Dibongkar

Diperkirakan butuh waktu 5 bulan untuk menyelesaikannya

Tulungagung, IDN Times - Proses pemugaran Candi Mirigambar di Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung memasuki tahap pelepasan batu. Satu per satu batuan candi dilepaskan untuk dibersihkan. Proses pelepasan ini dilakukan mulai lapisan paling atas. Tim sudah memberikan tanda nomor ke setiap batu, untuk memudahkan pemasangannya kembali. Pelepasan batu candi ini diperkirakan akan memakan waktu hingga 5 bulan.

1. Batu dilepas untuk dibersihkan petugas

Candi Mirigambar Dipugar, Struktunya Mulai DibongkarBatu Candi Mirigambar di Tulungagung mulai dilepas. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, Zakaria Kasimin menuturkan setelah dilepaskan nantinya batu ini akan disimpan di lokasi khusus. Setelah semua batu dilepaskan, tim pemugaran akan melakukan perbaikan terhadap struktur tanah. Kondisi candi ini sudah miring karena struktur tanah yang tidak kuat.

"Jadi memang harus dilepas agar bisa memperbaiki struktur tanah, setelah itu kita kembalikan sesuai dengan kondisi candi saat ini," ujarnya, Sabtu (06/3/2021).

Baca Juga: BPCB Temukan Struktur Bangunan Saat Pugar Candi Mirigambar Tulungagung

2. Temukan lagi struktur bagian candi

Candi Mirigambar Dipugar, Struktunya Mulai DibongkarPetugas membersihan struktur bangunan yang ditemukan. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sementara itu, proses eskavasi juga terus dilakukan. Setelah melakukan eskavasi di sisi utara candi, tim kembali menemukan struktur bangunan yang terletak di sisi barat. Struktur bangunan berupa batu bata ini diduga merupakan bagian dari pagar candi yang mengelilinginya.

Sebanyak 15 kotak telah dibuka oleh tim. "Pekerjaan eskavasi ini akan terus berlangsung beriringan dengan proses pemugaran, ini dilakukan untuk mengetahui pasti bentuk struktur yang telah ditemukan," imbuhnya.

3. Terkendala masalah kepemilikan lahan 

Candi Mirigambar Dipugar, Struktunya Mulai DibongkarTemukan struktur di sisi barat candi. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Proses eskavasi ini bukanlah tanpa kendala. Tim tidak bisa leluasa melakukan eskavasi karena kepimilikan lahan. Dari hasil pemetaan sementara, struktur ini sudah masuk ke lahan milik warga sekitar.

Mereka memerlukan izin kepada pemilik lahan tersebut, sebelum melakukan eskavasi. "Untuk itu kita minta bantuan Pemkab Tulungagung untuk bisa membebaskan lahan yang berada di sekitar candi ini," pungkasnya.

Baca Juga: Uniknya Candi Mirigambar, Ceritakan Ksatria Perebutkan Seorang Dewi

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bramanta Pamungkas di IDN Times Community dengan judul Candi Mirigambar Tulungagung Mulai Dipugar, Butuh Waktu 5 Bulan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya