Bupati Tulungagung Sepakati Penangguhan Omnibus Law

Tanda tangani surat permohonan ke presiden

Tulungagung, IDN Times - Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menggelar pertemuan dengan perwakilan Aliansi Mahasiswa Tulungagung. Pertemuan yang berlangsung di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso ini membahas perihal tuntutan mahasiswa yang menolak Omnibus Law. Dalam pertemuan ini Maryoto Birowo menyepakati dan menandatangani tuntutan yang disodorkan oleh mahasiswa.

1. Bersama kirim surat permohonan penangguhan Omibus Law

Bupati Tulungagung Sepakati Penangguhan Omnibus LawBupati Tulungagung, Maryoto Birowo tunjukkan surat tuntutan yang sudah ditandatangani,IDN TImes/ Bramanta Pamungkas

Koordinator Aliansi Mahasiswa Tulungagung, Bagus Prasetiawan mengaku senang dengan respon yang diberikan oleh Bupati Tulungagung. Tuntutan yang telah ditandatangani tersebut merupakan permohonan terhadap Presiden Joko Widodo, untuk mengeluarkan Perppu atau menangguhkan UU Omnibus Law yang telah disahkan oleh DPR RI beberapa waktu lalu.

"Kita meminta bupati untuk menandatangai surat permohonan ini, selanjutnya surat ini akan dikirimkan ke pemerintah provinsi dan lainnya," ujarnya, Kamis (15/10/2020).

Baca Juga: Di Tengah Pandemik COVID-19, 4 Warga Tulungagung Meninggal karena DBD

2. Kecewa Ketua DPRD Tulungagung tidak hadir

Bupati Tulungagung Sepakati Penangguhan Omnibus LawMahasiswa tinggalkan pesan di pintu ruang Ketua DPRD Tulungagung, IDN Times/ istimewa

Meskipun begitu para mahasiswa ini belum berhasil memperoleh tanda tangan dari Ketua DPRD Tulungagung, Marsono. Dalam audiensi sebelumnya, Marsono berjanji akan menandatangani surat permohonan ini bersama Bupati Tulungagung. Namun hingga selesainya pertemuan politisi PDIP tersebut tidak juga muncul. Mahasiswa yang kecewa dengan janji Marsono kemudian berinisiatif mencari ke DPRD. Bahkan mereka juga meninggalkan pesan di depan pintu ruang Ketua DPRD ini.

"Jujur kami merasa kecewa dengan sikap Ketua DPRD, kita akan mencarinya bahkan kalau perlu akan turun ke jalan lagi," imbuhnya.

3. Respons masyarakat terkait Omnibus Law menjadi alasan

Bupati Tulungagung Sepakati Penangguhan Omnibus LawBupati Tulungagung, Maryoto Birowo tanda tangani tuntutan mahasiswa, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sementara itu, Maryoto Birowo sendiri menilai respon dari masyarakat terkait pengesahan Omnibus Law menjadi salah satu alasan menyetujui tuntutan mahasiswa ini. Menurutnya hal tersebut merupakan salah satu upaya menyampaikan aspirasi masyarakat ke pemerintah pusat.

"Ibu Gubernur jawa Timur juga melakukan hal yang sama, melihat dinamika masyarakat saat ini kami juga memohon kepada presiden untuk menangguhkan Omnibus Law," pungkasnya.

Baca Juga: Audiensi Mahasiswa dan DPRD Tulungagung, Sepakat Ajukan JR Omnibus Law

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya