Comscore Tracker

Dibantu BPCB, Trenggalek Akan Boyong Prasasti Kamulan dari Tulungagung

Pemkab Tulungagung sudah sepakat

Trenggalek, IDN Times- Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Jawa Timur, akan memfasilitasi keinginan Pemkab Trenggalek untuk memindahkan Prasasti Kamulan. Prasasti tersebut saat ini disimpan di Museum Daerah Tulungagung. Prasasti yang dikeluarkan pada 31 Agustus 1194 M oleh Maharaja Panjalu Kediri Sri Kertajaya ini, menjadi rujukan utama penetapan hari jadi Trenggalek.

Baca Juga: Duel Bawa Gunting dan Celurit, Tukang Becak di Trenggalek Tewas

1. Pemkab Trenggalek dan Tulungagung sudah sepakat

Dibantu BPCB, Trenggalek Akan Boyong Prasasti Kamulan dari TulungagungBPCB Trowulan dan Pemkab Trenggalek saat rapat koordinasi rencana pemindahan prasasti. IDN Times/ istimewa

Kepala BPCB Trowulan, Jawa Timur, Zakaria Kasimin menuturkan, mereka akan memfasilitasi semua keperluan terkait pemindahan Prasasti Kamulan ini. Sebagai langkah awal, tim BPCB juga sudah melakukan komunikasi dengan Pemkab Trenggalek terkait rencana ini.

Menurutnya pemindahan prasati ini tidak menjadi masalah karena sudah terbangun komunikasi antara Pemkab Trenggalek dan Tulungagung. "Sehingga karena kedua Pemerintah Kabupaten sepakat, kami juga tidak ada masalah, cuma mungkin nanti dari data kami yang akan kami perbaiki kalau memang prasasti ini sudah ada di Kabupaten Trenggalek," ujarnya, Sabtu (03/7/2021).

2. Harap artefak di wilayah Trenggalek bisa dikumpulkan

Dibantu BPCB, Trenggalek Akan Boyong Prasasti Kamulan dari TulungagungBPCB Trowulan dan Pemkab Trenggalek saat melihat kondisi Yoni. IDN Times/ istimewa

Zakaria juga menyempatkan melihat sejumlah koleksi artefak yang ada di wilayah Trenggalek. Saat ini artefak tersebut banyak tersebar dan disimpan secara pribadi oleh masyarakat, seperti empat buah lingga yang kini berada di area sebuah pesantren.

Zakaria berharap nantinya artefak tersebut dapat dikumpulkan di satu tempat sehingga bisa lebih terawat. "Mungkin sebaiknya juga menurut saya dipindahkan ke tempat yang lebih aman, dalam hal ini di pendhapa yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek," harapnya.

3. Pemkab akan upayakan mengumpulkan semua artefak

Dibantu BPCB, Trenggalek Akan Boyong Prasasti Kamulan dari TulungagungWakil Bupati Trenggalek, Syah M Natanegara. IDN Times/ istimewa

Sementara itu, Wakil Bupati Trenggalek, Syah M Natanegara menjelaskan Prasasti Kamulan rencananya akan diletakkan di sekitar Pendopo Manggala Praja Nugraha. Sejumlah benda peninggalan sejarah juga sudah dikumpulkan di sekitar pendopo. Pemkab Trenggalek juga akan berupaya mengumpulkan peninggalan-peninggalan cagar budaya yang saat ini masih tersebar.

"Ada beberapa artefak yang nanti akan kita kumpulkan sebagai salah satu peninggalan cagar budaya," pungkasnya. 

Baca Juga: Trenggalek Ingin 'Pulangkan' Prasasti Kamulan, Tulungagung Keberatan

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bramanta Pamungkas di IDN Times Community dengan judul BPCB Trowulan Bantu Pemkab Trenggalek Boyong Prasasti Kamulan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya