Berkah Ramadan, Perajin Mahkota Kubah di Jombang Banjir Pesanan

Mahkota kubah terbuat dari bahan stainless

Jombang, IDN Times - Bulan Ramadan menjadi berkah bagi Imam Mutaqin, (37), perajin mahkota kubah, di Desa Janti, Kecamatan Jogoroto, Jombang. Produk kerajinan tangan yang selama ini dia pasarkan secara online mulai banjir pesanan. Hal itu lantaran banyak masyarakat yang memperindah musala dan masjid menyambut hari raya Idulfitri.

"Pesanan pembuatan kubah meningkat. Pesanan selain dari sekitar Jombang, dari Sidoarjo, Surabaya sampai Banyuwangi, Lamongan juga ada masuk. Untuk pengiriman, ada yang diambil sendiri ada juga yang dikirim lewat ekspedisi," kata Imam Mutaqin, ditemui IDN Times, Rabu siang (14/4/2021).

1. Pesanan meningkat dua kali lipat 

Berkah Ramadan, Perajin Mahkota Kubah di Jombang Banjir PesananPerajin sedang mengerjakan mahkota kubah. IDN Times/Zainul Arifin

Pria asal Desa Petirhilir, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tersebut mengungkapkan, meningkatnya pesanan mulai menjalang puasa hingga saat ini. Imam mengaku, pada hari-hari bisa, dia hanya mengerjakan 10 sampai 15 unit. Namun, bulan ramadan ini pesanan naik dua kali lipat.

"Bulan puasa ramadan ini pesanan mahkota kubah naik dua kali lipat. Sekarang saya bisa menerima pesanan 30 sampai 35 unit mahkota kubah dalam satu bulan, dan itu pun masih terus berdatangan pesan," ungkap Imam.

2. Kubah Mahkota dari bahan stainless steel

Berkah Ramadan, Perajin Mahkota Kubah di Jombang Banjir PesananPerajin sedang mengerjakan mahkota kubah. IDN Times/Zainul Arifin

Imam mengatakan, usaha kerajinan tangan berbahan stainless steel di rumah kontrakannya itu ditekuni sejak tahun 2016 silam. Meski banyak pesanan, Imam sengaja tidak mencari pegawai untuk menjaga kualitas mahkota kubah buatannya.

Imam mengaku mampu mengerjakan satu buah mahkota kuba dalam waktu dua hingga tiga hari. 

"Ini bahannya dari stainless. Pengerjaanya untuk cepat atau lamanya pembuatan mahkota kubah, tergantung model dan besar kecilnya pesanan. Sebulan perkiraan bisa mengerjakan sekitar 25 unit," ujarnya.

Baca Juga: Arsitektur MAS, Kubah Baja hingga Filosofi 17 Agustus 1945

3. Harga mahkota kubah hingga Rp3,5 juta per unit 

Berkah Ramadan, Perajin Mahkota Kubah di Jombang Banjir PesananPerajin sedang mengerjakan mahkota kubah. IDN Times/Zainul Arifin

Imam menambahkan, harga yang dipatok untuk satu buah mahkota kubah mulai dari Rp300 ribu hingga Rp3,5 juta per unit sesuai dengan ukuran pesanan. Dengan meningkatnya pesanan, omzet penjualannya pun meningkat.

"Sekarang saya mendapatkan omset Rp20 juta lebih dalam satu bulan. Alhamdulillah ada kenaikan, ini berkah Ramadan. Selain membuat kubah, saya juga menerima pesanan kaligrafi," tutupnya.

Baca Juga: Jombang Mulai Pembelajaran Tatap Muka, 20 Persen Masih Daring

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya