Comscore Tracker

Asyiknya Gowes Sambil Tanam Pohon Bareng Bikeland Vol1.0

Dihadiri Bu Risma juga lho

Surabaya, IDN Times - Minggu 19 Januari 2020 akan menjadi hari yang diingat bagi para 200 penggemar sepeda yang hadir dalam kegiatan Bikeland Vol1.0. Mereka memperingati hari Tanam Sejuta Pohon dan hari Lingkungan Hidup dengan melakukan kegiatan penanaman pohon di Taman Harmoni Kota Surabaya. Selain itu, mereka juga bertemu dengan sesama penghobi gowes Surabaya dan sekitarnya, meskipun mereka tidak berasal dari satu klub yang sama.

1. Mendapat apresiasi dari Risma

Asyiknya Gowes Sambil Tanam Pohon Bareng Bikeland Vol1.0Instagram.com/steevibi

Acara Bikeland dimulai sekitar pukul 06.00 WIB. Para peserta kemudian diberangkatkan oleh Kepala Dinas Kebersihan & Ruang Terbuka Hijau Chalid Buhari. Setelah bersepeda, peserta bersama-sama dengan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menanam pohon. Kepada para peserta, Risma mengucapkan terima kasih karena sudah melakukan penanaman pohon.

"Terima kasih untuk kepeduliannya untuk Surabaya. Mudah-mudahan yang kita lakukan ini bisa memberikan dampak positif untuk warga Surabaya. Dulunya tahunya tempat sampah. Mungkin ini jadi taman terbesar," ujarnya.

2. Wadah bagi pencinta gowes di Surabaya

Asyiknya Gowes Sambil Tanam Pohon Bareng Bikeland Vol1.0Instagram.com/steevibi

Sementara itu, Ketua Panitia Bikeland Vol 1.0 Surabaya 2020, Fajar mengatakan bahwa kegiatan ini digagas untuk mewadahi klub-klub sepeda di Surabaya dan sekitarnya untuk bersatu dalam satu acara khusus yang mengangkat tema cinta lingkungan. "Umumnya event sepeda digagas sebuah klub bertujuan untuk mengumpulkan sesama penghobi dan riding bersama. Pada event Bikeland Vol 1.0 kami ingin menambahkan satu tujuan lagi yaitu untuk cinta lingkungan," ujarnya. Tema "Ride your bike, safe your earth" pun sengaja dipilih untuk tujuan tersebut.

"Kita tahu bahwa Surabaya saat ini sedang sangat bersemangat untuk penghijauan, maka saya bersama beberapa rekan menggagas kegiatan yang bisa ikut berperan dalam misi itu," tambahnya. Selain itu, tema cinta lingkungan sengaja diangkat bersamaan dengan hari Penanaman Sejuta Pohon se-Dunia dan Hari Lingungan Hidup Indonesia yang jatuh pada 10 Januari 2020.

3. Ada banyak manfaat bagi para peserta

Asyiknya Gowes Sambil Tanam Pohon Bareng Bikeland Vol1.0Instagram.com/steevibi

Katua Panitia Bikeland Vol1.0 Fajar mengatakan bahwa ada banyak manfaat dari kegiatan ini. Selain melestarikan lingkungan dan menjadi ajang silaturahim, peserta juga mendapat berbagai keuntungan.

"Setiap riders yang ikut serta dalam kegiatan ini akan mendapatkan beberapa fasilitas, yaitu jersey, souvenir, snack dan bibit pohon untuk disumbangkan pada Pemerintah Kota Surabaya," ujar Fajar. 

4. Peserta mengaku senang bisa bertemu sesama pencinta gowes

Asyiknya Gowes Sambil Tanam Pohon Bareng Bikeland Vol1.0Instagram.com/steevibi

Seorang peserta, Tatok, mengaku senang dengan adanya acara Bikeland. Berkat acara itu dia bisa berkumpul bersama dengan teman sesama komunitas sepeda. "Mudah-mudahan acara seperti ini semakin diperbanyak di Surabaya. Saya jadi bisa berkumpul-kumpul dengan teman-teman," katanya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Azwar. Menurutnya, selain berolahraga, dia juga bisa menanam tanaman untuk penghijauan Kota Surabaya. "Sehat iya, membantu penghijauan Kota Surabaya juga. Banyak manfaatnya pokoknya," ujar dia. (MEDIA PARTNER)

Baca Juga: Gowes 6200 Kilometer, Jelajah Sepeda Nusantara Sampai di Banyuwangi

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya