Angka Kasus Kriminal dan Kecelakaan Lalu Lintas di Tulungagung Turun

Kasus narkoba meningkat selama 2020

Tulungagung, IDN Times - Angka kasus kriminal dan kecelakaan di Kabupaten Tulungagung, cenderung mengalami penurunan tahun ini. Total jumlah kasus kriminal umum tahun 2020 sebanyak 442 kasus. Sedangkan tahun 2019 lalu terdapat 448 kasus. Sementara, kecelakaan lalu lintas tahun ini mencapai 906 kasus. Angka ini menurun 14 persen dari tahun lalu, yang mencapai 1061 kasus. Untuk tahun ini polisi juga memberikan sanksi tilang terhadap 8.748 pelanggar.

1. Terdapat enam kasus menonjol

Angka Kasus Kriminal dan Kecelakaan Lalu Lintas di Tulungagung TurunPolres Tulungagung merilis hasil ungkap selama tahun 2020, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kapolres Tulungagung, AKBP Handono Subiakto menjelaskan terdapat enam kasus kriminal menonjol yang diungkap tahun ini. Rinciannya, dua kasus pembunuhan di wilayah Kecamatan Ngunut dan Bandung, penganiayaan yang mengakibatkan kematian di Kecamatan Sendang dan terungkapnya komplotan pencuri dengan modus kempes ban. Total tersangka yang berhasil diamankan dalam tahun ini sebanyak 227 orang.

"Persentase penyelesaian kasus mencapai 100 persen di tahun 2020 ini, kita tidak mempunyai tunggakan kasus," ujarnya, Selasa (29/30/2020).

2. Kasus narkoba meningkat 16 persen

Angka Kasus Kriminal dan Kecelakaan Lalu Lintas di Tulungagung TurunPolres Tulungagung merilis hasil ungkap selama tahun 2020, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Untuk kasus narkoba, jumlah kasus yang berhasil diungkap meningkat dibanding 2019 lalu. Dalam tahun 2019 polisi mampu mengungkap 136 kasus. Tahun ini terdapat 159 kasus peredaran narkoba yang berhasil diungkap.

Persentase kenaikan kasus ini mencapai 16 persen, dengan jumlah tersangka sebanyak 220 orang. "Kita akan terus memberantas peredaran narkoba yang banyak merusak generasi muda saat ini," imbuhnya.

Baca Juga: Pilah Rongsokan, Pemuda di Tulungagung Temukan Granat

3. Terpengaruh pembatasan, kasus kecelakaan menurun

Angka Kasus Kriminal dan Kecelakaan Lalu Lintas di Tulungagung TurunAksi potong knalpot brong dalam rilis anev 2020, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Penurunan juga terjadi pada angka kasus kecelakaan lalu lintas. Adanya pembatasan yang dilakukan selama masa pandemik diduga berpengaruh terhadap penurunan kasus ini. Masyarakat banyak memilih untuk berada di rumah, dibanding menjalani aktivitas di luar rumah.

Meskipun begitu, jumlah korban meninggal dunia dalam peristiwa kecelakaan masih cukup tinggi, yakni mencapai 130 orang. “Untuk angka kejadian laka lantas Tulungagung mengalami penurunan signifikan. Ini mungkin karena adanya pembatasan di masa pandemi,” pungkasnya.

Baca Juga: Ibadah Natal, Kapasitas Gereja di Tulungagung Dibatasi

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya