Comscore Tracker

Datangi DPRD Kabupaten Malang, Aktivis Lingkungan Tolak Kebun Sawit

Pemkab rencananya akan membuka kebun sawit seluas 60 hektare

Malang, IDN Times - Massa dari Aliansi Selamatkan Lingkungan Malang Selatan mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang, Kamis (10/6/2021). Mereka menyampaikan penolakan atas rencana dibukanya perkebunan kelapa sawit di Malang selatan seluas 60 hektare yang digulirkan Pemkab Malang.

1. Petani hanya dapat Rp700 per kilogram

Datangi DPRD Kabupaten Malang, Aktivis Lingkungan Tolak Kebun SawitAktivis lingkungan Kabupaten Malang saat menyuarakan di DPRD Kabupaten Malang. Dok/Istimewa

Juru bicara Aliansi Selamatkan Lingkungan Malang Selatan, Atha Nursasi menjelaskan bahwa sebenarnya budidaya kelapa sawit tak terlalu memberi untung bagi para petani. Mereka hanya akan mendapatkan sekitar  Rp700 sampai Rp800 per kilogram untuk sekali masa panen. Pihaknya menyebut bahwa wilayah Malang selatan sebenarnya justru lebih potensial untuk budidaya tanaman lain seperti kopi, cokelat hingga buah-buahan tropis macam mangga, alpukat, nangka, durian dan lainnya.

"Karena biaya perawatan yang tinggi dan tidak sesuai dengan hasilnya, maka petani cenderung merugi," ujar Atha Kamis (10/6/2021). 

2. Rencana alih fungsi lahan harus dibatalkan

Datangi DPRD Kabupaten Malang, Aktivis Lingkungan Tolak Kebun SawitAktivisi Lingkungan saat menyuarakan aspirasi mereka di Kantor DPRD Kabupaten Malang. Dok/Istimewa

Lebih jauh, Aliansi Selamatkan Hutan Malang Selatan meminta Pemerintah Kabupaten Malang, dan DPRD Kabupaten Malang untuk mengurungkan rencana budidaya sawit di Malang selatan itu. Mereka juga meminta kepada pemerintah Kota Malang untuk segera membuat rencana tata ruang untuk wilayah tersebut. Rencana tata ruang itu diharapkan mencakup kawasan perlindungan untuk menjaga lingkungan, termasuk melakukan rehabilitasi, dan merestorasi kawasan hutan di Malang Selatan. 

Baca Juga: 20 Hektar Lahan Sawit di Agam Sumatra barat Terbakar

3. Rencana pembukaan belum dibahas oleh DPRD

Datangi DPRD Kabupaten Malang, Aktivis Lingkungan Tolak Kebun SawitIlustrasi Orasi/Kebebasan Berpendapat (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Malang, Unggul Nugroho menyatakan bahwa saat ini pihaknya masih belum bisa memberikan tanggapan secara pasti apakah menolak atau menerima rencana Pemkot Malang itu. Namun demikian, pihaknya menerima aspirasi dan tuntutan yang disuarakan aktivis lingkungan tersebut. 

"Akan kami bahas dengan pimpinan nanti atau bisa juga akan disampaikan kepada komisi yang membawahi," kata dia. "Tentunya harus dikaji semuanya teasuk juga dampak ekonomi," Unggul menambahkan.

Baca Juga: Jatim Ekspor 19,8 Ribu Ton Hasil Perkebunan, Terbanyak Kelapa Sawit

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Aktivis Lingkungan Temui DPRD Malang, Tolak Rencana Kebun Sawit

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya