3 Pegawai Disdukcapil Tuban Positif COVID-19, Tak Layani Tatap Muka

Diduga tertular saat melayani pengurusan dokumen

Tuban, IDN Times - Sebanyak tiga pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban dinyatakan positif COVID-19. Mereka diketahui terpapar virus corona usai menjalani tes swab antigen.

1. Kepala dinas sebut sudah jalankan protokol dengan baik

3 Pegawai Disdukcapil Tuban Positif COVID-19, Tak Layani Tatap MukaIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Selain 3 pegawai tersebut, 7 pegawai lainnya juga dikabarkan tengah menjalani isolasi mandiri di rumah mereka masing-masing. Mereka mengalami sakit yang mirip dengan gejala COVID-19.

"Kalau di kantor kami sudah pasti menerapkan prokes dengan baik sesuai yang telah dianjurkan satgas COVID-19. Tapi kita juga tidak tahu apakah tertularnya pas di rumah atau bisa jadi ketika melayani pengurusan dokumen kependudukan," ujar Kepala Disdukcapil Tuban, Rohman Ubaid, Rabu (30/6/2021).

Rohman sendiri tidak tahu persis 3 pegawainya itu tertular virus corona dari siapa. Namun, ia menduga ketiganya tertular dari masyarakat yang sedang mengurus dokumen.

2. Ada 7 pegawai lain yang menjalani isolasi mandiri

3 Pegawai Disdukcapil Tuban Positif COVID-19, Tak Layani Tatap MukaKantor Disdukcapil Kabupaten Tuban. IDN Times/Istimewa

Selain mereka, saat ini 7 pegawai yang juga mengalami gejala COVID-19. Mereka melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing sembari menunggu giliran untuk dilakukan tes swab antigen di Dinas Kesehatan setempat.

"Kami juga melakukan tes swab antigen terhadap 40 pegawai. Mereka pernah melakukan kontak langsung dengan tiga orang yang terpapar makanya kita usulkan agar di tes swab," ujarannya.

3. Tidak melayani pengurusan dokumen kependudukan melalui tatap muka

3 Pegawai Disdukcapil Tuban Positif COVID-19, Tak Layani Tatap MukaKantor Dinas Kesehatan Tuban. IDN Times/Imron

Untuk mengantisipasi adanya penyebaran COVID-19 Disdukcapil tidak melayani pengurusan dokumen kependudukan secara tatap muka selama sepekan ke depan. Mereka hanya melayani melalui aplikasi online.

"Layanan tetap jalan hanya saja kita buat online dan layanan tatap muka sebenarnya masih bisa kita layani tapi yang mendesak saja seperti perekam data itupun bisa dilakukan di setiap kecamatan," terangnya.

Baca Juga: Hamil 7 Bulan, Karyawati Bank Jatim Tuban Meninggal Terpapar COVID-19

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya