10 Tahun Pimpin Banyuwangi, Ini Capaian Azwar Anas

Banyuwangi kini masuk 3 besar destinasi wisata Indonesia

Surabaya, IDN Times - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam hitungan hari akan mengakhiri masa jabatannya. Kepemimpinan Anas selama 10 tahun pun banyak mendapat apresiasi. Anas dinilai mampu mengubah citra Banyuwangi menjadi salah satu daerah tujuan wisata utama di Indonesia. 

Dalam dialog virtual bersama Forum Pemred Senin (15/2/2021), Anas pun menceritakan berbagai capaian dan tantangan yang ia hadapi selama dua periode. 

Anas menceritakan bagaimana susahnya ia memulai memimpin Banyuwangi. Dengan anggaran yang terbatas, pemerintah setempat harus menentukan berbagai prioritas.

1. Sebut pendapatan per kapita naik hingga lebih dari dua kali lipat

10 Tahun Pimpin Banyuwangi, Ini Capaian Azwar Anas

Anas pun mengaku langsung menentukan berbagai strategi. Di sektor ekonomi misalnya, ia tak mengizinkan minimarket hal itu dilakukan untuk menjaga para pedagang tradisional. Beberapa kebijakan ekonomi lain pun ia tempuh. 

Hasilnya, berdasarkan data Pemkab, pendapatan per kapita masyarakat naik. Jika pada tahun 2010 hanya 
Rp20,86 juta, pada tahun 2019 jumlahnya naik menjadi Rp51, juta per tahun.

Anas juga menyebut kemiskinan di Banyuwangi turun drastis. Jika pada tahun 2010 ada 20,09 persen warga miskin, pada tahun 2019 hanya tersisa 7,52 persen. 

2. Banyuwangi masuk 3 besar tujuan wisata di Indonesia

10 Tahun Pimpin Banyuwangi, Ini Capaian Azwar AnasIDN Times/Reza Iqbal

Di bidang pariwisata, Pemkab juga memilih mengendalikan izin hotel bintang 5 juga. "Hasilnya, ada 500 homestay yang tumbuh," kata Anas. Kunjungan wisatawan domestik tumbuh hampir 1000 persen dalam 10 tahun. Sementara turis asing naik 712 persen pada periode yang sama. 

Bahkan, berdasarkan survei Traveloka, Banyuwangi kini menjadi urutan ketiga kota yang menjadi favorit wisatawa  setelah Bali dan Yogyakarta. "Karena pariwisata jadi prioritas kami, jadi semua dinas harus jadi Dinas Pariwisata, " ujarnya. 

Baca Juga: Istri Anas Optimistis Raup 80 Persen Suara di Pilkada Banyuwangi

3. COVID-19 pukul sektor pariwisata, Banyuwangi andalkan pertanian

10 Tahun Pimpin Banyuwangi, Ini Capaian Azwar AnasBupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Dok. IDN Times

Sayangnya, COVID-19 menjadi pukulan telak bagi sektor ini. Pemkab pun memutar otak untuk kembali mendatangkan para turis. Sadar bahwa pariwisata tak bisa jadi tumpuan ekonomi utama di tengah pagebluk, Anas mengatakan bahwa Pemkab sedang mencoba mencari sumber anggaran daerah dari sektor pertanian.

Terlebih hingga saat ini pertanian masih menjadi lini yang bisa bertahan di tengah pandemik. "Kita punya dari kopi hingga coklat yang bisa diekspor. "

4. Akui masih banyak PR yang belum tuntas

10 Tahun Pimpin Banyuwangi, Ini Capaian Azwar AnasIDN Times/Margith Juita Damanik

Meski sudah membuat banyak perubahan selama 10 tahun terakhir, Anas mengaku masih memiliki banyaj pekerjaa  rumah. "Misalnya di sektor pertanian, kita beljm bisa mengontrol dari hulu ke hilir," ujarnya. 

Selain itu juga di bidang ketenagakerjaan. Pandemik menurutnya akan membawa banyak dampak bagi perekonimian karena jumlah pengangguran akan semakin banyak. "Tantangan semakin besar, apalagi jumlah APBD juga turun," kata Anas. 

Baca Juga: Unggul Sementara, Istri Bupati Anas Janji Akomodir Program Paslon 01

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya