Tari Gandrung Banyuwangi Tampil di Pameran Wisata di Berlin, Jerman

Salah satu cara promosikan pariwisata Banyuwangi

Banyuwangi, IDN Times – Setelah tampil menghiasi bus-bus di Amerika Serikat dan Rusia, foto-foto Gandrung Banyuwangi kembali mewarnai tampilan dinding-dinding bus di Jerman. Hal ini terlihat dari foto yang diunggah Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya di akun media sosial pribadinya.Momen itu terjadi sebelum digelar Internationale Tourismus-Börse (ITB) Berlin 2019, sebuah pameran pariwisata terbesar dunia.

1. Anas ucapkan terima kasih untuk Kemenpar karena membantu promosikan pariwisata Banyuwangi di luar negeri

Tari Gandrung Banyuwangi Tampil di Pameran Wisata di Berlin, JermanIDN Times/Humaskabbwi

Bus-bus yang berkeliling ke semua tempat ikonik di ibu kota Jerman tersebut sudah di-branding keindahan alam dan budaya Indonesia, salah satunya foto Tari Gandrung,  Banyuwangi.

"Saya bangga dan terharu sekali ada foto Gandrung di bis-bis di Berlin, Jerman. Pak Arief Yahya mengirimkan foto itu via WhatsApp ke saya," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kamis (8/3/2019). 

Ikhtiar Banyuwangi menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia tidak terlepas dari dukungan Kemenpar. Untuk itu, persiapan dan percepatan infrastruktur pendukung destinasi wisata di Banyuwangi juga terus dilakukan. 

"Kami sangat berterima kasih kepada Kemenpar yang terus mendukung pengembangan pariwisata Banyuwangi. Lewat branding Banyuwangi di Luar Negeri seperti ini, kami berharap bisa mendatangkan turis Eropa ke Banyuwangi," tambah Anas. 

2. Event ini dihadiri pelaku industri wisata dari 180 negara

Tari Gandrung Banyuwangi Tampil di Pameran Wisata di Berlin, JermanIDN Times/Humaskabbwi

ITB Berlin 2019 ini dihadiri  pelaku industri wisata dari 180 negara di 5 benua, dengan 1.000 top buyers berkualitas, 10.000 peserta pameran, 160.000 pengunjung sedang berada di ibu kota Jerman ini.

“Ini saya sebut menjemput momentum. Timing yang pas, saat pelaku industri pariwisata, buyers, investor sedang berkumpul di Berlin. Lewat branding Wonderful Indonesia, kita promosikan beragam destinasi unggulan Indonesia untuk menggaet turis Eropa dan dunia,” kata Menpar Arief Yahya.  

3. Lewat branding ini, Menpar optimis menggaet wisman Eropa ke Indonesia

Tari Gandrung Banyuwangi Tampil di Pameran Wisata di Berlin, JermanIDN Times

Menpar mengaku optimis langkah ini akan menjadi cara efektif untuk mengerek kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

“Bus-bus pariwisata ini adalah sarana transportasi mereka untuk sight seeing keliling Kota Berlin. Jadi branding seperti ini sangat efektif karena akan dilihat banyak orang, baik peserta ITB, wisatawan, maupun penduduk Berlin sendiri,” imbuh Menpar Arief Yahya.

Bus-bus tersebut, melewati Check Point Charlie, Tauentzienstrabe, Lustgarten, East Side Gallery, Strausberger Platz, Mauerpark, Hauptbahnhof, Brandenburg Tor, Siegessaule.

“Itu adalah titik-titik ikonik tempat berkumpulnya wisatawan. Bus-bus dengan desain destinasi wisata Indonesia itu akan menjadi objek foto-foto dan viral di media sosial,” tambah Menpar Arief Yahya.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya