Susun Rencana Kerja Banyuwangi 2020, Bupati Anas: Fokus Pacu SDM

Bupati menggeber program peningkatan kualitas SDM

Banyuwangi, IDN Times – Pemkab Banyuwangi mulai merancang rencana kerja (renja) 2020. Bupati Abdullah Azwar Anas bakal menggeber program peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Presiden Jokowi akan menitikberatkan pada pembangunan SDM. Maka daerah harus menerjemahkan arahan itu,” ujar Bupati Anas saat mengikuti Forum Lintas Perangkat Daerah Penyusunan Renja Pemerintah Daerah 2020, Rabu (6/3/2019).

1. Salah satu faktor meningkatkan kualitas SDM dengan menjaga hidup sehat

Susun Rencana Kerja Banyuwangi 2020, Bupati Anas: Fokus Pacu SDMIDN Times/Humas Pemkab Banyuwangi

Peningkatan kualitas SDM ditempuh dengan sejumlah cara, antara lain perluasan akses pelayanan kesehatan dengan peningkatan kesehatan ibu-anak, perbaikan gizi, dan mencegah penyakit menular maupun tidak menular.

“Kita memulainya dengan mengumpulkan ribuan kader Posyandu beberapa hari lalu. Kita ubah paradigma sakit menjadi paradigma sehat. Puskesmas menjadi mal orang sehat dengan penguatan promosi kesehatan, sehingga yang datang justru banyak orang sehat untuk konsultasi agar tetap sehat, bukan datang pas sakit,” jelasnya.

“Sehingga kesehatan warga terjaga, bisa produktif menjalankan kegiatan ekonomi,” imbuh Anas.

2. Pendidikan itu sifatnya penting, maka dari itu Pemkab mengoptimalkan Garda Ampuh dan beasiswa

Susun Rencana Kerja Banyuwangi 2020, Bupati Anas: Fokus Pacu SDMIDN Times/Humas Pemkab Banyuwangi

Akses dan kualitas pendidikan juga menjadi perhatian. Di antaranya dengan percepatan pelaksanaan Wajib Belajar 12 tahun, pemerataan akses, dan peningkatan relevansi konten pendidikan dengan tantangan zaman.

“Gerakan angkat anak putus sekolah (Garda Ampuh) agar dioptimalkan. Camat dan desa perlu menyisir intensif siswa yang ada kendala bersekolah. Pemkab telah menyediakan instrumennya. Kita ada beasiswa, uang saku dan transportasi bagi siswa miskin, juga program Siswa Asuh Sebaya,” ujar Anas.

Anas menekankan pentingnya perluasan program Beasiswa Banyuwangi Cerdas yang memberi fasilitas biaya kuliah bagi anak muda. 

“Sekarang sudah 800 anak muda dikuliahkan. Saya berharap ke depan kita bisa jangkau sampai lebih dari 1.000 anak muda, bisa kuliah gratis di berbagai kampus di Indonesia,” papar Anas.

3. Pemkab Banyuwangi juga masih menjalankan program Rantang Kasih

Susun Rencana Kerja Banyuwangi 2020, Bupati Anas: Fokus Pacu SDMIDN Times/Humas Pemkab Banyuwangi

Anas terus menjalankan program jaring pengaman sosial bagi warga nonproduktif, seperti program Rantang Kasih yang mendistribusikan makanan tiap hari bagi warga lansia.

Anas optimistis, di tengah masih tertekannya perekonomian gobal, Banyuwangi tetap bisa memacu pertumbuhan ekonomi. Banyuwangi juga menjadi 6 daerah dengan PDRB terbesar di Jatim.

“Banyuwangi kita pacu tumbuh 5,7 persen, di atas prediksi ekonomi nasional 5,5 persen. Di antara bukti tumbuhnya ekonomi adalah meningkatnya outstanding kredit sebesar Rp10,98 triliun di mana penggunaannya 63,5 persen untuk usaha modal kerja dan investasi. Pertanian dan pariwisata bahu-membahu menopang ekonomi daerah,” ungkapnya.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya