Vaksinasi COVID-19 Tahap Pertama di Kota Malang Mencapai 87,45 Persen 

Sudah 10.640 nakes yang divaksinasi

Malang, IDN Times - Proses vaksinasi COVID-19 tahap pertama di Kota Malang sudah hampir selesai. Saat ini sudah ada 10.640 orang atau 87,45 persen tenaga kesehatan (nakes) yang divaksinasi. Masih ada 2.900 nakes yang masih menunggu giliran vaksinasi. 

1. Ditarget selesai akhir Februari

Vaksinasi COVID-19 Tahap Pertama di Kota Malang Mencapai 87,45 Persen Dandim 0833, Letkol Arm Ferdian Primadona disuntik vaksin. IDN Times/Alfi Ramadana

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Sri Winarni mengungkapkan, pihaknya menargetkan seluruh nakes akan tuntas menjalani vaksinasi tahap pertama pada akhir Februari ini. Vaksinasi sendiri dilakukan di 84 fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) di Kota Malang. Setelah itu proses vaksinasi akan dilanjutkan kepada prioritas kedua yakni TNI/Polri, guru, ASN, pegawai BUMD, BUMN, dan masyarakat yang bekerja di fasilitas layanan publik lainnya.

"Proses pendataan untuk vaksinasi tahap kedua saat ini sedang berjalan. Ada mekanisme tersendiri untuk pendataan vaksinasi tahap kedua. Berikutnya, proses vaksinasi baru akan dilakukan untuk tahap masyarakat umum dengan syarat tertentu," ungkap Sri, Kamis (11/2/2021). 

2. Tempat penyimpanan vaksin masih cukup

Vaksinasi COVID-19 Tahap Pertama di Kota Malang Mencapai 87,45 Persen Ilustrasi Menyuntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk vaksinasi tahap dua, Dinkes Kota Malang telah mempersiapkan diri. Salah satunya adalah menyiapkan kotak pendingin untuk menyimpan vaksin penyimpanan. Stok vaksin yang masih tersisa saat ini harus segera dihabiskan.

"Tempat penyimpanannya masih mencukupi, karena vaksin yang dikirimkan sesuai dengan kapasitas cold chain yang tersedia," tambahnya. 

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 Nakes Jatim Tuntas Bulan Ini, Selanjutnya Jurnalis

3. Jurnalis dan pekerja seni diusulkan masuk prioritas vaksinasi tahap kedua

Vaksinasi COVID-19 Tahap Pertama di Kota Malang Mencapai 87,45 Persen Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko saat jalani vaksinasi. IDN Times/Alfi Ramadana

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, pemkot mengusulkan agar pekerja seni dan jurnalis masuk prioritas vaksinasi tahap kedua. Sutiaji menilai jika dua profesi tersebut punya mobilitas tinggi dan sering berinteraksi dengan banyak orang. 

"Pekerja seni dan jurnalis juga akan diusulkan masuk prioritas, karena mereka sering bertemu dengan banyak orang pada aktivitas sehari-hari," kata Sutiaji.

4. Disabilitas juga masuk prioritas

Vaksinasi COVID-19 Tahap Pertama di Kota Malang Mencapai 87,45 Persen Proses vaksinasi pertama yang dilakukan di Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Tak hanya itu saja, warga disabilitas juga direncanakan bakal masuk prioritas penerima vaksinasi tahap kedua. Pemkot Malang segera mendata calon penerima vaksin.

"Pendataan akan segera disesuaikan juga untuk teman-teman disabilitas. Rencanannya Kota Malang akan mendapat jatah 600 ribu dosis," ujar Sutiaji.

Baca Juga: 19 Daerah di Jatim Tuntas Vaksinasi COVID-19 Dosis Pertama

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya