Tingkat Kesembuhan Pasien COVID-19 di Tulungagung Terus Bertambah

Persentase kesembuhan capai 78 persen

Tulungagung, IDN Times - Angka kesembuhan pasien positif COVID-19 di Kabupaten Tulungagung mengalami tren positif dalam beberapa hari terkahir ini. Hingga saat ini sebanyak 183 pasien sudah dinyatakan sembuh. Jumlah ini membuat persentase kesembuhan juga mengalamai peningkatan hingga 78 persen.

1. Masa puncak COVID-19 terlewati

Tingkat Kesembuhan Pasien COVID-19 di Tulungagung Terus BertambahIlustrasi tes virus corona, IDN Times/ istimewa

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tulungagung Kasil Rokhmad menjelaskan, penambahan jumlah pasien sembuh ini terjadi setiap hari. Jika dilihat dari data, puncak COVID-19 di Tulungagung sudah terlewati. Saat ini sebaran kasus COVID-19 mengalami tren menurun.

"Kalau dilihat penambahannya memang ada, tapi tidak sebanyak dengan angka kesembuhan. Puncak COVID-19 sudah terlewati," jelasnya, Senin (29/6).

2. Tes swab mandiri menjadi kunci

Tingkat Kesembuhan Pasien COVID-19 di Tulungagung Terus BertambahBramanta Pamungkas, Petugas medis menggunakan APD lengkap di dalam mobil, IDN Times

Kasil menambahkan, terdapat sejumlah faktor yang banyak berpengaruh terhadap tingginya angka kesembuhan ini. Kemampuan RSUD Dr Iskak Tulungagung untuk melakukan tes swab mandiri menjadi salah satu kuncinya. Hasil tes swab pasien bisa diketahui dalam hitungan jam, sehingga bisa langsung dilakukan penanganan.

"Sebelumnya kami harus menunggu beberapa hari untuk mengetahui hasil tes swab. Sekarang hanya dalam hitungan jam kami sudah bisa mengetahui hasilnya," imbuhnya.

Baca Juga: Pasien COVID-19 di Tulungagung Mendapat Pendampingan Psikologis

3. Bisa pulang dengan satu kali hasil swab negatif

Tingkat Kesembuhan Pasien COVID-19 di Tulungagung Terus BertambahIlustrasi tes virus corona, IDN Times/ istimewa

Selain itu prosedur pemeriksaan dan tes swab sebagai penentuan pasien sembuh dari COVID-19 saat ini lebih dipermudah oleh WHO. Pasien dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) boleh pulang lebih awal dengan modal satu kali tes swab yang menunjukkan hasil negatif. Namun, mereka tidak diperbolehkan langsung beraktivitas biasa, apalagi sampai keluar rumah.

"Mereka terlebih dahulu harus menjalani isolasi mandiri di rumah selama 21 hari," tuturnya.

4. Total jumlah kasus positif 234 orang 

Tingkat Kesembuhan Pasien COVID-19 di Tulungagung Terus BertambahPeta sebaran COVID-19 di Tulungagung, IDN Times/ istimewa

Dari data yang dilansir Gugus Tugas Tulungagung, jumlah kasus positif COVID-19 sebanyak 234 orang. Dengan rincian 38 menjalani karantina, 10 dirawat, 3 meninggal dunia, dan sembuh 183 orang. Sebaran kasus tersebut hampir merata terjadi di tiap kecamatan. Dari 19 Kecamatan hanya 1 kecamatan yang belum ditemukan kasus positif corona.

Baca Juga: Rekor Baru, Ada 39 Pasien COVID-19 Sembuh di Tulungagung

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya