Tertular Ibunya, Balita Berusia 1,5 Tahun di Jember Positif COVID-19

Punya riwayat kontak erat dengan klaster Ijtima Gowa

Jember, IDN Times - Seorang balita berusia 1,5 tahun asal Kabupaten Jember dinyatakan positif COVID-19. Balita tersebut tertular orangtuanya yang masuk ke dalam klaster Ijtima Gowa. Saat ini balita tersebut sedang diisolasi di rumah sakit.

1. Ayah balita tersebut ikut Ijtima Gowa bersama tetangganya yang lebih dulu positif COVID-19

Tertular Ibunya, Balita Berusia 1,5 Tahun di Jember Positif COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Rochmanudin)

Mengutip dari Antara, balita tersebut tercatat sebagai kasus ke-35 di Kabupaten Jember. Dia merupakan warga Desa Cumedak, Kecamatan Sumberjambe.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Jember Gatot Triyono, balita tersebut tertular dari ibunya. Sang ibu sendiri tercatat sebagai pasien ke-34.

"Pasien ke-35 yang terkonfirmasi positif merupakan anak dari pasien ke-34 dan kontak erat dengan kasus positif ke-22 yang merupakan klaster Gowa," terang Gatot, Senin (1/6).

Gatot menambahkan, pasien kasus ke-22 itu mengikuti Ijtima Ulama di Gowa, Sulawesi Selatan bersama ayah dari sang balita tersebut. Saat ini balita tersebut dalam kondisi sehat dan menjalani karantina di rumah sakit.

"Pasien ke-22 itu merupakan tetangganya. Sehingga, riwayatnya punya kontak erat," tambah Gatot.

2. Sudah diisolasi sejak 22 Mei 2020

Tertular Ibunya, Balita Berusia 1,5 Tahun di Jember Positif COVID-19Ilustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Sebelum dinyatakan positif COVID-19, balita tersebut menjalani rapid test pada 20 Mei 2020. Hasil rapid test-nya reaktif. Sehingga, pada 22 Mei yang bersangkutan diisolasi di rumah sakit.

"Pengambilan (pemeriksaan) swab dilakukan pada 23 dan 24 Mei 2020, kemudian dinyatakan positif COVID-19 pada Minggu malam (31/5)," lanjut Gatot.

Sedangkan ibu dari balita tersebut dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan lanjutan pada 23 dan 24 Mei 2020.

Baca Juga: ODP Jember Mudik Lewat Surabaya, Ketahuan dan Disuruh Putar Balik

3. Ada 43 kasus positif COVID-19 di Jember

Tertular Ibunya, Balita Berusia 1,5 Tahun di Jember Positif COVID-19Ilustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Berdasar data Pemkab Jember, hingga Senin tercatat ada 43 kasus positif COVID-19 di Kota Suwar-suwir tersebut. Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 176 orang, orang dalam pemantauan (ODP) 1.276 orang, dan orang dalam risiko (ODR) 35.152 orang.

Untuk kecamatan yang paling banyak terdapat positif COVID-19 yakni Kaliwates dengan 4 kasus. Sedangkan 8 kecamatan masih bersih dari kasus positif COVID-19, meliputi Jenggawah, Bangsalsari, Mayang, Mumbulsari, Panti, Semboro, Silo, dan Umbulsari.

Baca Juga: Tanpa Gejala, Tiga Nakes di Jember Terkonfirmasi Positif COVID-19

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya