Terkait Pengamanan Vaksin, Polresta Malang Tunggu Jadwal  

Siapkan tim khusus untuk kawal vaksin  

Malang, IDN Times - Polresta Malang Kota mulai menyiapkan personel untuk pengamanan distribusi vaksin COVID-19. Sejauh ini memang belum ada jadwal resmi mengenai kapan pendistribusian vaksin. Tetapi, Pemprov Jatim sudah memberi gambaran bahwa mulai melakukan vaksinasi pada pekan ketiga bulan Januari.

1. Siapkan tim khusus

Terkait Pengamanan Vaksin, Polresta Malang Tunggu Jadwal  Polisi amankan sejumlah senpi organik dan rakitan dari tangan tersangka. IDN Times/ Alfi Ramadana

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata menjelaskan, pihaknya menyiapkan tim khusus untuk mengamankan kedatangan vaksin ke Kota Malang. Menurutnya, apa yang disiapkan tersebut sudah sesuai dengan SOP pengamanan untuk distribusi vaksin. 

"Pada dasarnya kami siap memberikan pengamanan, baik untuk kendaraan angkut bak terbuka atau tertutup," jelasnya, Jumat (8/1/2021). 

2. Minimalisir risiko kerusakan

Terkait Pengamanan Vaksin, Polresta Malang Tunggu Jadwal  Ilustrasi Menyuntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Pengamanan sendiri berfokus untuk meminimalisir kerusakan saat distribusi vaksin, mulai saat di perjalanan sampai tiba di gudang penyimpanan. Selain itu, juga pengamanan untuk jalur ditribusi ke Kota Malang. 

"Harus diingat bahwa barang ini langka dan sangat berharga. Untuk itu, kami tidak mau ambil risiko dengan pengamanan yang biasa," tambahnya. 

Baca Juga: Distribusi Vaksin COVID-19, Kota Batu Tunggu Petunjuk Pemprov Jatim

3. Tunggu instruksi dari Pemkot Malang

Terkait Pengamanan Vaksin, Polresta Malang Tunggu Jadwal  Kapolresta Malang Kota bersama Dandim 0833 Kota Malang saat terjun langsung memimpin penjemputan AS. Dok/ Istimewa

Sembari menyiapkan tim khusus pengamanan vaksin, Leo menambahkan, pihaknya masih menunggu instruksi dari Pemkot Malang. Utamanya terkait jadwal distribusi vaksin dari Pemprov Jatim. 

"Perintah pengambilan masih belum ada. Jadi masih menunggu untuk melakukan," sambung mantan Wakapolrestabes Surabaya tersebut.

4. Pengamanan sampai pendistribusian vaksin

Terkait Pengamanan Vaksin, Polresta Malang Tunggu Jadwal  Ilustrasi Suntikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Pengamanan sendiri tidak hanya saat pengambilan vaksin hingga sampai gudang penyimpanan, tetapi juga akan berkelanjutan sampai diterima sejumlah instansi kesehatan di Kota Malang. Termasuk juga saat pelaksanaan penyuntikan vaksin ke SDM kesehatan.

"Untuk tempat penampungan (vaksin) sementara di Kota Malang sudah ada. Terkait hal ini kami sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Pemkot Malang," tegas Leo.

Baca Juga: Ada 1.034 Nakes, Kota Malang Verifikasi Ulang Data Penerima Vaksin

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya